Teori Awal Kehidupan di Bumi (Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum) - Gurugeografi.id

Teori Awal Kehidupan di Bumi (Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum)

- September 20, 2018

Baca Juga

Sebenarnya sejak kapan sih kehidupan di bumi ini berlangsung?.
Bumi ini menurut ahli geologi sudah berumur 4,6 milyar tahun tapi kehidupan tidak langsung begitu saja muncul di bumi. Ada tahapan-tahapan atau zaman yang dilalui bumi sebelum bisa ditempati oleh mahluk hidup terutama manusia. Jadi bumi ini "diospek" dulu guys sebelum bisa layak huni seperti sekarang bagi manusia.

Perkembangan bumi dapat diketahui lewat penelitian geologi yaitu melihat umur relatif batuan dengan metode karbon. Nah menurut data karbon tersebut ternyat bumi kita ini sudah melalui beberapa zaman yaitu Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.
Sejarah Kehidupan di Bumi
Sejarah kehidupan Bumi

Zaman Arkaekum adalah zaman tertua dan diperkirakan terjadi sekitar 2500 juta tahun. Di zaman ini keadaan bumi belum stabil, baru bola panas raksasa dengan kondisi udara yang panas dan kulit bumi masih dalam proses pembentukkan. Dengan keadaan seperti ini maka pada masa ini belum ditemukan adanya kehidupan.

Zaman Paleozoikum adalah zaman kedua dengan rentang waktu 340 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi masih belum stabil dan masih terus beruabh-rubah. Akan tetapi tanda-tanda awal kehidupan mulai nampak dengan adanya mahluk bersel saru atau mikroorganisme. Selain itu pada masa ini sudah muncul mahluk hidup lain seperti ikan, amphibi, reptil dan lainnya. Zaman ini disebut juga dengan zaman primer atau pertama.
Sejarah Kehidupan di Bumi
Salah satu fosil kehidupan tertua di bumi

Zaman Mesozoikum adalah zaman ketiga dan berusia 140 juta tahun. Di zaman ini kehidupan mengalami perkembangan pesat dan mahluk hidup muncul dengan ukuran besar seperti dinosaurus. Zaman mesozoikum disebut juga sebagai zaman reptil karena mahluk hidup yang muncul dan berkembang pada masa ini kebanyak reptil. Zaman mesozoikum disebut juga zaman sekunder.

Zaman Neozoikum adalah zaman yang berusia 60 juta tahun lalu. Di zaman ini bumi semakin membaik, stabil dan perubahan cuaca tidak terlalu ekstrim. Neozoikum terbagi ke dalam dua masa yaitu Tersier dan Kuarter.
- Zaman Tersier berusia sekitar 1 juta tahun lalu dan di masa ini binatang besar mulai berkurang dan lahir binatang mamalia baru dengan ukuran lebih kecil sepert monyet dan kera.
- Zaman Kuarter berusia sekitar 600.000 tahun lalu. Di masa ini mulai muncul kehidupan manusia purba. Masa Kuarter dibagi kedalam dua era yaitu Plesitosen dan Holosen. Kala Pleistosen atau Dilluvium Era berlangsung sekitar 600.000 tahun lalu atua disebut juga zaman es (glasial). Pada zaman ini es kutub utara mencair hingga menutupi sebagian Eropa Utara, Asia Utara dan Amerika Utara. Kala Holosen atau Alluvium berkembang 20.000 tahun lalu. Pada masa ini mulai hidup jenis Homo Sapiens yaitu manusia modern.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang