Kunci Jawaban SBMPTN Geografi 2018 Part 3 - Gurugeografi.id
Loading...

Kunci Jawaban SBMPTN Geografi 2018 Part 3

- 23 January
Loading...
Halo teman-teman sekalian pecinta geografi seluruh Indonesia. Kali ini saya akan coba berikan kunci jawaban pembahasan SBMPTN Geografi 2018 nomor 10-14. Simak baik-baik dan share ke teman-teman lainnya.

1. Ragam spesies flora dan fauna di kawasan ekuator lebih banyak dibandingkan kawasan lain di bumi. 
SEBAB
Daerah tropika mempunyai kondisi lingkungan yang relatif paling sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup pada umumnya. 

Kunci 
Jumlah spesies flora dan fauna di kawasan ekuator lebih banyak dibandingkan kawasan lain di bumi karena daerah ekuator yang beriklim tropis mempunyai kondisi lingkungan yang relatif sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup pada umumnya. Suhu dan curah hujan yang besar membuat beragam jenis tumbuhan dapat hidup. Jadi daerah tropis itu surganya biodiversitas flora fauna dunia.

Hal ini dikarenakan tumbuhan memerlukan air serta suhu yang sesuai. Semakin banyak air yang tersedia, maka semakin banyak pula tumbuhan yang dapat hidup. Semakin banyak tumbuhan yang hidup, maka semakin banyak pula hewan yang hidup di dalamnya. Daerah tropik punya curah hujan tinggi sehingga kandungan air tanah relatif tinggi. Jadi, pernyataan dan alasan benar berhubungan. 
Pembahasan SBMPTN Soshum
2. Pesisir timur Sumatra lebih berisiko terjadi bencana tsunami dibandingkan pesisir barat Sumatra. 
SEBAB
Daratan pesisir timur Sumatra sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa-rawa. 

Kunci 
Pesisir timur Sumatra tidak berisiko bencana tsunami karena pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia ada di sebelah pesisir barat-selatan Sumatra. Daerah pesisir timur Sumatra sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa, sedangan daerah pesisir barat-selatan Sumatra sebagian besar berupa rangkaian pegunungan. Jadi, pernyataan salah, tetapi alasan benar. 

3. Faktor penarik yang menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk dari kota ke desa adalah .... 
(1) harga tanah yang murah
(2) kenyamanan hidup yang tinggi
(3) ikatan kekeluargaan yang tinggi 
(4) keamanan hidup yang terjamin 

Kunci 
Faktor penarik (dari kota) yang menyebabkan perpindahan penduduk dari kota ke desa meliputi: harga tanah yang murah; kenyamanan hidup yang tinggi; ikatan kekeluargaan yang tinggi; keamanan hidup yang terjamin; dan biaya hidup yang rendah. Jadi, semua jawaban benar. 

4. Secara geografis, garis lintang pada peta dunia dapat digunakan untuk menunjukkan .... 
(1) perubahan cuaca 
(2) perbedaan musim 
(3) perubahan waktu 
(4) perbedaan iklim 

Kunci 
Garis lintang digunakan untuk mengetahui perbedaan musim dan iklim. Garis lintang tengah bumi adalah khatulistiwa. Garis bujur digunakan untuk mengetahui perbedaan waktu. Jadi, jawaban yang benar adalah nomor 2 dan 4.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search