Soal dan Jawaban Tes Sumatif Modul 3 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Juli 3

Soal dan Jawaban Tes Sumatif Modul 3

Halo kawan guru sekalian sebangsa setanah air Indonesia tercinta, kali ini kita sudah sampai di tes sumatif modul 3. 

Ingat ya kalau tes sumatif cuma 1 kali kesempatan jadi wajib minimal 80 lah nilainya. Di postingan ini saya akan coba berikan contoh pembahasan sumatif modul 3, nilainya gak jelek-jelek amat sih. 

Kalau mau sempurna coba sambil cek di modul, baca sampai jelas dan tuntas.

Modul 3 ini berisi materi terkait toeri-teori belajar dari mulai kognitif, behavior, konstruktivistik, humanistik. Pahami dengan benar semua teori-teori itu semua wahai guru Indonesia. 

Jangan lupa share blog ini ke teman-teman lain ya, salam mendidik bangsa. Nilai sumatif ini 86,7 benar 26 salah 4. Lumayan lah, kalau mau 100 silahkan cek modul lagi karena kemampuan saya cukup sampai sini. Jangan lupa berdoa dan sedekah biar berkah.
Sumatif M3 Teori Belajar
Tes Sumatif M3
1. Siswa terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun, merupakan bagian penting ide pemikiran tentang belajar yang disampaikan oleh
Watson
2. Apakah yang dimaksud dengan Subsumptive Sequence?
Urutan pengajaran dimulai dengan mengerjakan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci
3. Hubungan antara stimulus dan respin menurut Skinner adalah
Interaksi antara stimulus dan respon memiliki konsekuensi yang menjadi akibat munculnya perilaku
4. Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari teori
Kokonstruktivistik
5. Domain tertinggi dalam domain afektif adalah
Pengalaman
6. Tujuan akhir pendidikan adalah menciptkan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari
Piaget
7. Anak mampu menggunakan simbol atau bahasa tanda, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif, menunjukkan bahwa anak telah berada pada
Tahap praoperasional
8. Apakah yang dimaksud dengan respon dalam teori behavioristik?
Reaksi atau tanggapan terhadap stimulus
9. Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun bentuk respon yang muncul dapatbermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh
Clark Hull
10.  Bu Rani sering memberikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa bu Rani menerapkan teori
Behavioristik
11. Pak Sigit memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Sigit telah menerapkan teori
Konstruktivistik
12. Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah
Naturalisasi
13. Apakah yang dimaksud dengan akomodasi?
Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru
14. Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh
Brunner
15. Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik yaitu
Koneksionisme
16. Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya, merupakan pengertian dari
Asimilasi
17. Apakah yang dimaksud dengan equilibrasi?
Penyesuaian berkesinambungan
18. Ciri utama evaluasi dalam teori behavioristic adalah
Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang terpisah dari kegiatan pembelajaran
19. Salah satu ciri pembelajaran tradisional adalah
Kurikulum disajikan dari bagian-bagian menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar
20. Ketika siswa diberi tugas oleh guru ketika tugasnya ditambahkan maka ia akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan teori
Behavioristik
21. Ciri utama dari teori belajar kognitif adalah
Mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya
22. Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur/sel orak baru dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Artinya
Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar
23. Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk?. Sebaiknya bu Ani menerapkan strategi pembelajaran
Pembelajaran atraktif yang menyenangkan siswa
24. Salah satu gunsi Advance organizer yang dikembangkan oleh Ausebel adalah
Sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru
25. Perkembangan intelektual ditandai dengna adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh
Brunner
26. Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis, menunjukkan bahwa anak telah berada pada
Tahap operasional konkrit
27. Hirarkhi belajardan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori
Kognitif
28. Bu Dini membagi siswa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan bu Dini ini sesuai dengan teori
Kokonstruktivistik 
29. Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksprensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri belajar berdasarkan teori
Konstruktivistik
30. Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara
Memberikan nilai terhadap prestasinya
Baca juga>>>>>>Kunci M4 M1

Share with your friends

3 komentar

  1. Terimakasih banyak. Postingannya sangat membantu untuk pembahasan sebelum mengikuti tes, bukan semata-mata untuk contekan. Sekali lagi terimakasih banyak.

    BalasHapus
  2. Terima kasih, postingannya sangat membantu. thanks...

    BalasHapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close