Petrichor Penyebab Tanah Bau Harum Saat Hujan - Gurugeografi.id
Loading...

Petrichor Penyebab Tanah Bau Harum Saat Hujan

- October 28, 2019
Teman-teman pastinya senang sekali mencium bau hujan saat pertamakali menyentuh tanah bukan?. Mengapa saat pertamakali hujan biasa muncul bau harum tersebut?. Itu adalah petrichor teman-teman sekalian.

Bau khas hujan saat pertama kali menyentuh tanah sangat membawa "mood" gembira bagi kita manusia, setuju bukan?. Namun hujan pada dasarnya tidak memiliki aroma, tapi kuncinya ada pada saat-saat sebelum hujan.

Sebuah bau khas yang dikenal sebagai petrichor tidak menembus udara, berbau segar dan menyenangkan hati. Bau hujan ini sebenarnya berasal dari tanah yang menjadi lembab saat terkena butir hujan pertama kali.

Ilmuwan Australia pertama kali mendokumentasikan proses pembentukan petrichor pada 1964 dan Ilmuwan Massachusetts Institute of Technology mempeljari mekanisme prosesnya kemudian di tahun 2010an.

Petrichor adalah kombinasi senyawa kimia yang harum. Beberapa jenis minyak sihasilkan oleh tanaman. Kontributor utama dari petrichor adalah aktinobacteria. Mikroorganisme kecil ini dapat ditemukan di daerah pedesaan dan perkotaan serta di perairan laut. Mereka adalah ahsil pembusukan bahan organik atau jasad mati menjadi senyawa kimia sederhana kemudian menjadi nutrisi untuk perkembangan tanaman dan organisme lain.
Bau hujan yang menggembirakan
Sebuah produk sampingan dari proses ini adalah senyawa organik yang disebut geosmin yang menghasilkan aroma petrochor. Geosmin adalah sejenis alkohol, memiliki aroma kuat namun struktur kimia kompleks geosmin membuatnya tercium pada tingkat sangat rendah. Hidung manusia dapat mendeteksi hanya beberapa bagian dari geosmi per triliun molekul udara.

Selama periode kekeringan panjang laju aktivitas dekomposisi melambat. Tepat sesaat sebelum hujan terjadi, udara menjadi lebih lembab dan tanah mulai mengalami pelembaban. Proses ini membantu mempercepat aktivitas aktinobakteria dan geosmin terbentuk.

Ketika tetesan air hujan jatuh di tanah, terutama permukaan berpori seperti tanah yang longgar atau beton kasar, mereka akan terpercik dan mengeluarkan partikel kecil yang disebut aerosol. Geosmin dan senyawa petrichor lainnya yang mungkin ada di tanah atau dilarutkan dalam tetesan hujan dilepaskan dalam bentuk aerosol dan dibawa oleh angin ke daerah sekitarnya. 

Jika curah hujan cukup tinggi, aroma petrichor dapat melakukan perjalanan dengan cepat oleh bantuan angin dan mengingatkan orang bahwa hujan segera di jalan. Aroma ini akan cepat menghilang saat hujan usai. Ayo siapa yang sedang menanti aroma khas hujan hari ini?

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close