Kesalahan Umum Blogger Pemula Cari Adsense

Halo kawan-kawan sekalian sebangsa dan setanah air Indonesia, udah lama nih saya gak posting tentang blog. Meski saya blogger amatiran tapi saya akan coba sharing pengalaman saja seputar dunia tulis menulis maya ini.

Saya akan ulas sedikit tentang kesalahan umum yang sering dilakukan blogger pemula alias newbie. Saya sering mendengar keluh kesah teman yang stres gara-gara blognya tidak kunjung mendapatkan uang dan sepi pengunjung, padahal kunci utama meraih uang dengan blog atau youtube sekalipun adalah sama yaitu TRAFIK. Oke kita akan langsung bahas satu per satu saya.
Kesalahan blogger pemula yang perlu dihindari
1. Niat
Nah kesalahan pertama seorang blogger adalah pada NIAT. Ya niat menjadi blogger itu awalnya apa sih?. Pasti semua menaruh Uang di urutan teratas alias nomor wahid. Nah ini yang menjadi masalah teman-teman. Meraih sukses lewat blog ini mekanismenya jangka panjang atau investasi panjang tidak instan, kecuali model black hat.

Jika anda memikirkan uang terus di awal maka yang ada adalah stres, blog anda akan sulit berkembang karena bukan fokus berbagi. Jadi memang di awal mula, blog tidak bisa diandalkan menjadi bisnis utama karena gak mungkin hari ini kamu buat blog lalu besoknya langsung hasil 100 dollar adsense misalnya. 

Jadi pastikan niat kamu ngeblog adalah sharing sesuatu yang bermanfaat. Kalau sesuatu itu bermanfaat pasti akan memancing orang untuk return alias datang kembali. Inilah sebenarnya yang dicari seorang blogger, returning visitor. Jadi luruskan niat dulu jika ingin jadi blogger, uang akan mengikuti jika blog kamu udah terkenal kok!.

Percayalah nanti akan ada banyak tawaran iklan selain adsense jika trafik blog kamu sudah tinggi. Ini saya buktikan sendiri karena ingat banyak advertiser di dunia ini sekarang sedang berlomba-lomba mencari blog dengan trafik tinggi untuk jualan (afiliasi).

2. Menjadi Orang Lain
Biasanya kita mudah menulis sesuatu yang sesuai passion atau bakat kita. Jadi cobalah menulis sesuai bidang yang kamu sukai dan jangan nulis yang jauh dari diri kamu alias menjadi orang lain. Seperti saya guru geografi ya paling tulisannya terkait pelajaran, soal atau cerita traveling. Saya gak mungkin nulis tentang manajemen informasi, atau seputar dunia anak misalnya.

Kecuali memang ada orang yang mengincar niche HPK tinggi. Tapi bagi saya sulit menjadi orang lain biarlah saya menjadi diri sendiri mengalir apa adanya. Tulisan pun akan mudah didapat karena sesuai passion. Ingat pastinya dari sekian milyar manusia di bumi ini ada yang tipikal atau niche yang sama seperti anda dan itulah target trafik kita. Kamu suka masak misalnya, ya pasti targetnya nanti emak-emak bukan?. Coba ada berapa emak-emak se Indonesia?. Konsep matematika peluang yang nanti berbicara.

3. Gonta Ganti Template
Nah banyak blogger pemula terjebak pada tampilan alias template. Sering kita gonta ganti template karena iri liat blog orang lain. Saran saya sebelum ganti template, coba searching dulu template2 yang ringan, fast loading dan enak dilihat. Bandingkan lalu pilih salah satu yang terbaik, setelah itu jangan ganti template lagi karena bisa merusak SEO di search engine.

4. Konten
Terakhir, konten adalah bagian terpenting sebuah blog. Konten yang baik akan memiliki SEO otomatis sendiri. Saya sendiri tidak begitu peduli dengan ilmu SEO yang menurut saya rumit. Bagi saya konten yang baik akan menjadi marketing otomatis sendiri. Ia akan mencari backlink sendiri, ia menguasai pasar dan akan menyebar kemana-mana. Jadi fokus membuat konten yang baik, lengkap, bubuhi gambar dan video kalau bisa.

Itulah sedikit tips saya dalam membangun blog bagi pemula. Jangan patah semangat dan tetap ngeblog untuk sharing informasi bermanfaat.