Cara Mengedit Green Screen di Power Director

Dunia digital khususnya video kini semakin berkembang pesat seiring perkembangan medsos dan software editing video.

Di postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cara mengedit green screen menjadi background sesuai keinginan anda.

Saya sendiri sekarang banyak belajar editing video karena di masa pandemi, guru-guru kini banyak membuat video belajar online untuk siswanya.

Software yang saya gunakan adalah Power Director di PC. Kenapa gak di android saja?. Tampilan Power Director di PC tampilannya lebih enak, leluasa dan editornya lebih banyak.

Langkah pertama adalah anda sudah punya software Power Director. Silahkan download di situs-situs yang pastinya kamu sudah tahu. Jangan lupa cracknya diinstal juga supaya ter-registered. Selanjutnya tinggal ikuti tutorial mengubah green screen di Power Director berikut ini.

1. Buka Power Director kemudian insert video yang ingin anda rubah backgroundnya. Setelah itu anda siapkan background yang ingin anda ganti, misalkan saya mau ganti background menjadi papan tulis..biar seperti video ruangguru atau quipper.
Merubah green screen di power director
2. Drag gambar papan tulis ke timeline pertama, artinya posisi gambar papan tulis harus diatas. Setelah itu disusul drag video green screen anda ke timeline kedua. Geser gambar papan tulis agar waktunya sama dengan video dengan cara klik ujungnya lalu geser ke kanan.
Mengedit green screen di power director
3. Klik dua kali timeline video lalu akan muncul tampilan editor seperti di bawah ini.
Merubah latar video di power director
 4. Klik Chroma Key lalu klik icon pen di bawahnya, setelah itu pindah ke sisi kanan dan klik di videonya. Maka otomatis gambar background akan berubah menjadi papan tulis.Tinggal atur color range dan denoisenya. Untuk ukuran wajah biasa diatur sesuai keinginan di layar sebelah kanan, tinggal perbesar atau perkecil saja.

Perhatikan gambar di bawah ini, terlihat masih ada noise di kanan bawah.
Mengubah green screen di power director
 5. Jika masih ada noise, tinggal add chroma key lagi di bawah untuk menghilangkan noise di beberapa bagian. Untuk meminimalisir hal ini maka tipsnya adalah usahakan kain green screen yang anda gunakan mulus tidak ada lipatan dan pencahayaan saat merekam video sangat baik.

Jika kamu merekam video green screen di tekstur kain yang kusut maka potensi noise saat editing akan besar. Jadi usahakan disetrika dulu kainnya sebelum kamu rekam. Setelah semua noise dirasa suah clear maka tinggal klik Apply. Beres.

Sekian dulu tips merubah green screen di power director. Mudah bukan?. Jangan lupa share ke teman-teman lain jika bermanfaat.