po Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juni 20

Soal + Kunci Jawaban KSNK Geografi 2021 Part 1

Halo kawan-kawan pejuang KSN Geografi, kali ini kita update lagi pembahasan soal KSNK tahun ini. Terima kasih kepada subscriber yang udah ngasih soal tahun ini yang katanya banyak berasal dari soal tahun-tahun sebelumnya.

Kita cek soal dan pembahasannya berikut ini, jangan lupa subscribe juga chanel guru geografi di youtube ya!. Akan ada update video pembelajaran geografi dan pembahasan soal-soal terkini.
 
Soal ini nomornya tidak berurutan ya, jadi acak saja yang penting bisa dipelajari bersama-sama.

1. Sumber daya merupakan bentuk material maupun non material dari alam dan lingkungannya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia bagi kelangsungan hidup. Yang dimaksud bentuk non renewable resources diantaranya adalah ....
a. angin
b. gas alam
c. gelombang
d. cahaya matahari
e. geotermal

Kunci
Saya rasa kalau ini mudah ya, non renewable itu kan yang tidak dapat diperbaharui atau yang berasal dari fosil seperti minyak bumi dan gas alam. Dimana ada minyak bumi disitu juga pasti berasosiasi dengan gas alam.

2. Konservasi sumber daya air diantaranya dengan cara ....
a. mendaur ulang air limbah
b. penggunaan air menjadi tenaga listrik
c. penggunaan air untuk kehidupan sehari-hari
d. menggunakan sumur bor untuk keperluan rumah tangga dan industri
e. pembangunan kolam renang ukuran olimpiade di setiap kabupaten/kota di Indonesia

Kunci
Pahami bedanya konservasi dan pemanfaatan (eksploitasi) ya anak-anak. Kalau konservasi itu  sumber daya air adalah upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat, dan fungsi sumber daya air agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang.

Konservasi sumber daya  air dapat dilakukan melalui kegiatan perlindungan dan pelestarian sumber  daya air, pengawetan air, pengelolaan kualitas air, serta pengendalian pencemaran air, dengan    mengacu pada pola pengelolaan sumber daya air pada setiap wilayah sungai, dan dipakai sebagai acuan dalam perencanaan tata ruang.

Jadi jawabannya mendaur ulang air limbah (termasuk pengendalian pencemaran air).

3. Gerak udara dengan lintasan tertutup akibat perbedaan pemanasan yang tidak merata di seluruh permukaan bumi akan membentuk ...
a. vortisitas
b. turbulensi
c. sirkulasi
d. pusaran udara
e. coriolis 

Kunci
Perbedaan pemanasan di permukaan bumi membuat terjadinya perbedaan tekanan udara sehingga akan menyebabkan terbentuknya pergerakan atau sirkulasi.

Vortisitas yaitu ukuran rotasi atau putaran massa udara. Vortisitas didefinisikan sebagai sirkulasi udara per satuan luas. Turbulensi adalah gerakan udara yang berputar-putar. Coriolis adalah efek pembelokan karena benda berputar/berotasi. 

Pusaran udara udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

4. Nilai total keluaran barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun) disebut…
a.  GDI (Gross Domestic Income)
b.  GDP (Gross Domestic Product)
c.  GNI (Gross National Income)
d.  GNP (Gross National Product)
 
Kunci
GDP adalah jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatau negara dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam satu tahun). Untuk mengetahui lengkapnya cek artikel ini: Beda GNP, GDP, GNI

5. Faktor-faktor yang digunakan PBB dalam menciptakan IPM (Indikator Pembangunan Manusia) adalah…
a.   Pendapatan, literasi, pendidikan, harapan hidup
b.   Pendapatan, literasi, GDP, harapan hidup
c.   Pendapatan, pendidikan, GDP, harapan hidup
d.   Literasi, pendidikan, GDP, harapan hidup

Kunci
Tiga dimensi untuk mengukur pembangunan manusia adalah: Umur panjang dan sehat, Pendidikan,  Standar hidup.
 
Umur panjang dari indikator harapan hidup saat lahir (life expectacy at birth).

Dimensi pendidikan merepresentasikan aspek literasi dan pengetahuan masyarakat. Dua indikatornya adalah tahun sekolah yang diharapkan (expected years of schooling) dan tahun sekolah rata-rata (mean years of schooling).

Dimensi ini mewakili tingkat pendapatan rata-rata penduduk di sebuah negara. Indikatornya adalah Pendapatan Nasional Bruto atau gross national income (GNI) per kapita.

Jadi jawabannya adalah a. Lanjut: Soal Part 2
Ranking HDI dunia
Promo Ebook Geografi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close