Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 Bagian Esai Nomor 5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Maret 14

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 Bagian Esai Nomor 5

Hai sobat kita lanjut lagi buat bahas kunci jawaban esai OSP Geografi 2019 nomor 5. Soal nomor 5 terkait topik mitigasi bencana.

Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya dari mulai pra, tanggap darurat dan pasca bencana untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari sebuah fenomena atau kejadian alam/bencana.

5. Perhatikan detail gambar interior rumah tradisional di bawah ini!

Dengan memperhatikan detail perlengakapan rumah serta cara penyusunannya, jawablah pertanyaan-pertanyaaan berikut ini secara ringkas!
a. Apa tipe ancaman yang berpotensi melanda tempat tersebut!
b. Tipe mitigasi apa yang telah dilakukan oleh masyarakat setempat!

Pembahasan
a. Ancaman yang mungkin terjadi pada struktur rumah pada gambar adalah runtuhan karena fenomena gempa. Susunan barang-barnag di rumah yang disusun vertikal berpotensi ambruk jika getaran gempa begitu kuat.

b. Untuk soal ini saya belum begitu paham mitigasi apa yang dilakukan jika dengan melihat gambar sekilas. 

Setiap rumah adat tradisional di Indonesia pada prinsipnya sudah didesain dengan berdasar kepada nilai-nilai pengetahuan dan filosofi yang kuat. Struktur bangunan panggung misalnya pada masyarakat Minang, Sunda, Sumatera adalah bentuk mitigasi terhadap kejadian tsunami dan gempa. Rumah model panggung akan mengurangi getara dari tanah menuju atas bangunan sehingga resiko ambruk akan berkurang.

Rumah adat lainnya yang bertipe struktur ceker ayam seperti Joglo juga memiliki fungsi sama sebagai peredam getaran.
DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close