Geografi Wilayah Timur Tengah - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, November 20

Geografi Wilayah Timur Tengah

Seringkali kita mendengar istilah Timur Tengah di berita-berita terutama, tapi kita pasti masih bingung untuk menjelaskan tentang cakupan wilayah tersebut.

Timur Tengah adalah tanah di sekitar pantai selatan dan timur Laut Mediterania, mencakup setidaknya Jazirah Arab dan, menurut beberapa definisi, Iran, Afrika Utara, dan kadang-kadang lebih jauh. 

Bagian tengah wilayah umum ini sebelumnya disebut Timur Dekat, nama yang diberikan oleh beberapa ahli geografi dan sejarawan Barat modern pertama, yang cenderung membagi apa yang mereka sebut Timur menjadi tiga wilayah.

Near East berlaku untuk wilayah terdekat Eropa, terbentang dari Laut Mediterania hingga Teluk Persia; Timur Tengah, dari Teluk Persia hingga Asia Tenggara; dan Timur Jauh, wilayah yang menghadap Samudra Pasifik.

Perubahan penggunaan istilah Timur Tengah mulai berkembang sebelum Perang Dunia II dan cenderung dikonfirmasi selama perang itu, ketika istilah Timur Tengah diberikan kepada komando militer Inggris di Mesir. 

Pada pertengahan abad ke-20, definisi umum Timur Tengah mencakup negara bagian atau teritori Turki, Siprus, Suriah, Lebanon, Irak, Iran, Israel, Tepi Barat, Jalur Gaza, Yordania, Mesir, Sudan, Libya, dan berbagai negara bagian dan teritori Arab (Arab Saudi, Kuwait, Yaman, Oman, Bahrain, Qatar, dan Negara Trucial, atau Trucial Oman [sekarang Uni Emirat Arab].
Batasan Wilayah  Negara Timur Tengah

Peristiwa selanjutnya cenderung dalam penggunaan longgar, untuk memperbesar jumlah tanah yang termasuk dalam definisi Timur Tengah. Tiga negara Afrika Utara Tunisia, Aljazair, dan Maroko terkait erat dalam sentimen dan kebijakan luar negeri dengan negara-negara Arab. Selain itu, faktor geografis seringkali mengharuskan negarawan dan lainnya untuk mempertimbangkan Afghanistan dan Pakistan sehubungan dengan urusan Timur Tengah.

Kadang-kadang, Yunani termasuk dalam kompas Timur Tengah karena pertanyaan Timur Tengah (dulu Timur Dekat) dalam bentuk modernnya pertama kali terlihat ketika orang Yunani memberontak untuk menegaskan kemerdekaan mereka dari Kekaisaran Ottoman pada tahun 182. Turki dan Yunani, bersama dengan tanah berbahasa Arab di sekitar ujung timur Mediterania, sebelumnya juga dikenal sebagai Levant.

Penggunaan istilah Timur Tengah tetap tidak menentu, dan beberapa lembaga (terutama Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan beberapa badan Perserikatan Bangsa-Bangsa) masih menggunakan istilah Timur Dekat.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close