Kunci Jawaban Uji Pemahaman Erlangga Geografi IPS Kelas 10 Halaman 23 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Agustus 28

Kunci Jawaban Uji Pemahaman Erlangga Geografi IPS Kelas 10 Halaman 23


Lanjut lagi teman-teman kita coba bahas soal uji pemahaman geografi buku erlangga kelas 10 halaman 23 dengan topik pendekatan geografi.

Jangan lupa untuk selalu share postingan ini ke grup medsos kalian sebagai bahan diskusi. Ingat untuk selalu diskusikan kunci jawaban di blog ini dengan teman-teman.

1. Masalah kemacetan sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat, khususnya yang tinggal di perkotaan. Hampir setiap hari kondisi jalan raya tampak semrawut. Kendataan umum dan pribadi membanjiri jalan-jalan seperti jalan protokol dan daerah perkantoran.

Pendekatan geografi yang digunakan untuk menganalisis fenomena tersebut adalah pendekatan ....
A. kelingkungan
B. keruangan
C. kompleks wilayah
D. analisis pola keruangan
E. analisis struktur keruangan

Kunci
Dalam teks terlihat bahwa ada ketidaksesuaian antara pola ruang kota dengan jaringan transportasi sehinggga menyebabkan kemacetan. Jadi pendekatan keruangan yang lebih diutamakan karena melihat situasi pada teks yang lebih menonjolkan sisi pola ruang kota yang buruk.

2. Cermati teks berikut!
Wilayah landai yang berbatasan dengan laut, seperti Jakarta bagian utara, sering dilanda banjir saat musim hujan. Hal ini dipengaruhi curah hujan yang tinggi, kurangnya daerah resapan, topografi yang landai dan diperparah dengan naiknya muka air laut. Dampak yang ditimbulkan cukup banyak dan sangat merugikan secara material maupun non material. Dalam mengatasi masalah tersebut dibutuhkan penyelesaian masalah yang terintegrasi dengan seluruh pihak terkait. 

Fenomena di atas dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan geografi ....
A. kelingkungan
B. keruangan
C. kompleks wilayah
D. analisis pola keruangan
E. analisis struktur keruangan

Kunci
Dalam teks terlihat bahwa semua komponen yang bermasalah adalah faktor ruang seperti topografi, curah hujan, naiknya muka air laut. Tidak disebutkan adanya campur tangan manusia sehingga pendekatan keruangan lebih cocok untuk kajian permasalahan tersebut.

3. Pulau Jawa merupakan pulau di Indonesia yang berpenduduk paling tinggi. Geomorfologi Pulau Jawa juga unik. Di wilayah selatan berupa plato (dataran tinggi) yang miring ke arah selatan menuju Samudera Hindia. Di wilayah timur dan barat berupa depresi dengan gunung-gunung api. Adapun wilayah utara berupa rantai pelipatan yang membentuk bukit dan pegunungan rendah.

Pendekatan geografi yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah pendekatan ....
A. keruangan
B. kelingkungan
C. kompleks wilayah
D. deskripsi
E. distribusi

Kunci
Di teks terlihat ada penjelasna mengenai wilayah-wilayah zona morfologi Jawa dari mulai utara, tengah, selatan, barat dan timur. Maka pendekatan kompleks wilayah digunakan dalam kajian tersebut karena kita akan mengkaji unit-unit area geomorfologi Jawa yang berbeda.

4. Cermati teks berikut!
Gempa tektonik bermagnitudo 5,0 SR mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (6/11/2021). Gempa terjadi pukul 14.20 WIT berlokasi pada 6.14 LS dan 130.28 BT atau berjarak 184 km bagian selatan Banda, Maluku Tengah dan 187 km timur laut Tepa Maluku Barat Daya. Adapun pusat gempa berada di Laut Banda dengan kedalaman 154 km di bawah permukaan laut.

Pendekatan geografi yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah pendekatan ....
A. kelingkungan
B. keruangan
C. kompleks wilayah
D. ekologi
E. fungsional

Kunci
Fenomena yang muncul di teks adalah gempa di Maluku, sehingga pendekatan keruangan yang digunakan karena kita fokus mengkaji pola dan proses gempa tersebut. Tidak ada kajian tentang wilayah lain atau hubungan dengan aktifitas manusia.

5. Alih fungsi lahan untuk pembangunan permukiman di daerah resapan air dan sepanjang aliran sungai beresiko menimbulkan banjir.
A. keruangan
B. kelingkungan
C. kompleks wilayah
D. kewilayahan
E. spasial

Kunci 
Alih fungsi lahan adalah kegiatan manusia dalam rangka kepentingan ekonomi, sehingga kajian ini menggunakan pendekatan kelingkungan dimana interaksi manusia dianalisa lebih jauh terhadap perubahan ruang dan prediksi fenomena di masa depan.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close