Geografi Spanyol

- December 06, 2016
Siapa yang tidak kenal Spanyol, negara kuat sepakbola di dunia saat ini dengan iconnya Real Madrid dan Barcelona. Kali ini saya akan bahas sedikit tentang profil negeri Matador ini. Spanyol beradd di wilayah Semenanjung Iberia dengan tetangganya yang lebih kecil, Portugal, dan berbatasan ke timur laut dengan pegunungan Pyrenees yang melintasi Perancis dan Andorra. Dikelilingi oleh Samudera Atlantik dan Laut Mediterania, Spanyol memiliki banyak fitur pantai yang ramai di musim panas.

Spanyol memiliki dua kelompok utama pulau yang populer di kalangan turis: Kepulauan Balearic (Mallorca, Menorca, Ibiza dan Formentera) terletak 193km (120 mil) tenggara dari Barcelona, ​​dan Kepulauan Canary di lepas pantai barat Afrika (terutama Tenerife, Gran Canaria, Fuerteventura, Lanzarote dan La Palma). Terletak di benua Afrika, daerah kantong kecil dari Ceuta dan Melilla juga membentuk bagian dari Spanyol.
Geografi Spanyol
Peta Spanyol, pic: welt-atlas.de
Daratan Spanyol merupakan negara kedua tertinggi dan paling banyak didiominasi relief pengunungna di Eropa, dengan ketinggian rata-rata 610m (2,000ft). Pyrenees membentang sekitar 400 km (249 mil) dari pantai Atlantik yang Basque Country ini. Ketinggian barisan Pyrenees mencapai rata-rata 1,524m (5.000 kaki), dengan puncak tertinggi adalah 3,404m (11,169ft).

Fitur fisik utama Spanyol adalah dataran tinggi atau plateu, atau Meseta, dibagi oleh beberapa rantai sierras. Wilayah utara yang lebih tinggi termasuk Castile dan León dan bagian selatan terdiri Castile-La Mancha dan Extremadura. Di selatan, dataran tinggi semakin meningkat di Sierra Morena sebelum turun tiba-tiba di lembah besar dari Guadalquivir.

Tenggara Granada adalah Sierra Nevada, yang membentang paralel ke Mediterania. puncaknya Mulhacen, di 3,718m (12,198ft), adalah titik tertinggi di semenanjung Spanyol. Puncak tertinggi di Spanyol adalah Pico del Teide di Tenerife di Canaries, mengukur ketinggian 3,718m (12,198ft).
Geografi Spanyol
Sudut Kota Madrid, pic:http://www.morrismeetings.com/
Penduduk Spanyol terdiri dari beragam etnis umumnya campuran penduduk awal dari Semenanjung Iberia, Celtic dan kemudian penakluk dari Eropa dan Afrika. Namun asal usul orang Basque di utara masih belum diketahui. Imigran dari Afrika Utara dan Amerika Latin juga menjadi bagian dari penduduk Spanyol.

Spanyol dikenal dengan kecintaan mereka pada hidup untuk makan dan minum bersama keluarga dan teman-teman. Tarian daerah, festival tradisional dan musik hampir sama terkenalnya dengan sepakbola.

Spanyol merupakan negara dengan sistem monarki parlementer dengan raja dan perdana menteri membagi kekuasaannya. Meski ada parlemen nasional namun negara ini merupakan negara demokrasi paling desentralisasi di Eropa. Setiap 17 daerah mengelola setiap fasilitas mereka sendiri mulai dari pendidikan, rumah sakit dan pelayanan sosial lainnya.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search