po Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Juli 6

Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 1-5

Halo kawan-kawan pejuang KSNP semuanya, kita akan lanjut lagi membahas kunci jawaban soal OSP Geografi 2019 nomor 1-5.

Soal OSP ini level kesulitannya tentu meningkat dibandingkan soal level kabupaten atau kota. Silahkan dipelajari dengan sebaik-baiknya.

Bagi yang ingin pembahasan versi video, silahkan subscribe saja chanel guru geografi di youtube ya!. Jangan lupa share jika bermanfaat.
Pembahasan OSP Geografi
Pilihlah jawaban yang tepat diantara a,b,c,d atau e!
1. Perbedaan utama antara cuaca dan iklim adalah tentang ....
a. waktu dan luas tempat
b. waktu
c. tempat
d. tak ada perbedaan
e. perhitungan awal mula penentuan
 
Kunci
Perbedaan utama cuaca dan iklim ada pada waktunya. Cuaca itu waktunya singkat sementara iklim itu relatif lama. Kok tempat gak ngaruh?. Karena saya baca ada istilah iklim mikro yaitu iklim pada wilayah sempit yang spesifik karena faktor-faktor seperti geomorfologi, topografi, bangunan, vegetasi dan lainnya. Contohnya Gua terbesar dunia Sun Dong di Vietnam punya iklim mikro tersendiri karena keunikan wilayahnya. Di Gunung Kidul juga ada gua karst yang gede dan punya iklim mikro tersendiri, saya lupa namanya.

2. Di Indonesia, peristiwa yang paling sering terjadi pada saat musim hujan yang ditunjukkan oleh adanya pertumbuhan awan-awan vertikal besar adalah ...
a. hujan batu
b. petir
c. badai tropis
d. siklon tropis
e. hujan salju

Kunci
Pastinya petir ya guys, karena awan vertikal kaya di Cb atau cumulonimbus ini adalah awan hujan raksasa yang sering memicu terjadinya hujan dan petir. Kalau siklon tropis itu disebabkan suhu permukaan laut yang hangat akan menyebabkan sistem tekanan rendah di wilayah tersebut. Akibatnya, terbentuklah kumpulan awan-awan konvektif (awan Cumulonimbus).

3. Klasifikasi iklim di Indonesia sering mengandalkan parameter hujan sebagai faktor penentu karena ...
a. mudah ditemukan
b. tidak sulit untuk dihitung besarannya
c. mencerminkan berbagai fenomena cuaca dan iklim di wilayah tropis
d. sulit untuk mengukurnya
e. mudah diukur
 
Kunci
Contoh klasifikasi iklim menurut curah hujan adalah Oldeman dan Schmidt Ferguson. Penggunaan metode curah hujan itu mudah diukur dengan alat rain gauge atau fluviometer yang kaya baskom. Coba main-main aja ke BMKG setempat. 

4. La Nina dan El Nino sebenarnya merupakan fenomena yang terjadi di lautan seperti halnya fenomena Dipole Mode. Semua fenomena tersebut mengakibatkan cuaca dan musim di Indonesia berubah. Fenomena La Nina dan El Nino terjadi di ...
a. Samudera Pasifik lintang tengah
b. Samudera Hindia sekitar ekuator
c. Samudera Atlantik sekitar ekuator
d. Samudera Pasifik sekitar ekuator
e. Samudera Hindia lintang tengah
 
Kunci
La Nina dan El Nino adalah anomali cuaca di Samudera Pasifik sekitaran ekuator bagian timur. Gambarnya cek di bawah aja ya!.
5. Air merupakan universal solvent, hal ini disebabkan karakter air yang memiliki ...
a. ikatan hidrogen yang kuat
b. molekul bersifat bipolar
c. densitas anomali
d. atom hidrogen dan oksigen yang mudah terlepas satu sama lain
e. tiga wujud di alam, baik sebagai benda cair, padat dan gas

Kunci
Air disebut pelarut universal (universal solvent) karena lebih banyak zat yang larut dalam air daripada bahan kimia lainnya. Ini ada hubungannya dengan polaritas setiap molekul air. Ini membantu air memisahkan senyawa ionik menjadi ion positif dan negatifnya. 
 
Ujung-ujung atom hidrogen memiliki muatan positif yang kecil, sedang dua pasangan elektron oksigen yang tidak berikanan membuat ujung atom oksigen memiliki muatan negatif. Kemudian, karena muatan itu memiliki penyebaran muatan yang tidak sama, maka disebut “polar covalent bonds” yang bersifat “bipolar”. 
 
Dua muatan positif dari atom hidrogen pada satu sisi dan dua muatan negatif ganda dari atom oksigen membuat molekul-molekul air bersifat “bipolar”. Akibatnya adalah, molekul-molekul air yang berdampingan cenderung untuk bergabung bersama, tertahan oleh tarikan dari muatan yang berlawanan yang ada pada molekul yang berdampingan. Muatan positif atom hidrogen dari satu molekul tertarik dengan muatan negatif atom oksigen dari molekul yang lain, membentuk suatu ikatan yang disebut ikatan hidrogen (“hydrogen bonds”). Jawabannya b.

Lanjut: Soal no 6-10
Promo Ebook Geografi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close