po Power Point Geografi Kelas 12 Bab Wilayah dan Pewilayahan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Agustus 11

Power Point Geografi Kelas 12 Bab Wilayah dan Pewilayahan

Wilayah dan pewilayahan adalah bab yang wajib dipelajari dalam mata pelajaran geografi. Pada struktur kurikulum 2013, wilayah dan pewilayahan ini masuk materi kelas 12.

Wilayah atau region adalah unit ruang permukaan bumi yang memiliki batas tertentu dan kenampakan yang khas. Dalam geografi, wilayah adalah konsep utama dimana semua fenomena terjadi dan dianalisa sesuai dengan karakteristik wilayah itu sendiri.

Pewilayahan adalah upaya mengklasifikasikan wilayah berdasarkan kriteria tertentu tergantung tujuan atau kepentingan masing-masing. Misalnya klasifikasi wilayah adinistratif ada propinsi, kota, kabupaten, kecamatan hingga desa.

Klasifikasi wilayah iklim Junghuhn adalah wilayah zona panas, sedang, sejuk dan dingin. Jadi perwilayahan adalah upaya sengaja manusia untuk membagi wilayah berdasarkan kriteria tertentu.

Dalam memahami wilayah, para geograf sudah banyak membuat teori-teori mulai dari Teori Lokasi, Teori Kutub Pertumbuhan, Teori Tempat Sentral dan Teori Segitiga Weber.

Memahami wilayah sama halnya dengan mengkaji organisme hidup namun dalam geografi, organisme ini berupa ruang yang didalamnya ada aktivitas-aktivitas baik bersifat alamiah maupun modifikasi hasil interaksi manusia dengan lingkungannya.

Semua teori wilayah tersebut lebih utama berfokus pada kegiatan ekonomi. Wilayah dan pembangunan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pembangunan suatu wilayah harus berdasarkan potensi wilayah tersebut.

Dengan semakin padatnya populasi manusia, wilayah kini banyak mengalami degradasi terutama dalam hal fungsi ekologis. Daya tampung dan daya dukug wilayah semakin menurun karena desakan populasi tadi sehingga memicu berbagai fenomena bencana seperti banjir, amblesan, likuifaksi hingga kekeringan.

Berikut ini link power point bab wilayah dan pewilayahan. Power point saya buat semaksimal mungkin, bukan copas sehingga mudah dipahami. Silahkan download, jangan lupa share dan like blog nya ya. Dukung juga chanel youtube guru geografi.

Link Power Point

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close