po Arti Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Seni dan Ilmu - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Agustus 10

Arti Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Seni dan Ilmu

Sejarah adalah ilmu yang bercerita tentang masa lalu dan sangat penting dipelajari sebagai panduan hidup di masa depan. Sejarah dapat dimaknai sebagai sebuah peristiwa, kisah, seni dan ilmu.

Pengklasifikasian tersebut berguna untuk memberikan gambaran bahwa sejarah tidak hanya berbicara tentang masa lalu tapi memiliki aspek penting lain.

1. Sejarah sebagai peristiwa
Artinya peristiwa di masa lalu menjadi materi penting dalam pembahasan ilmu sejarah. Suatu peristiwa di masa lalu dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi syarat:
a. Objektif, artinya peristiwa tersebut didukung oleh fakta sejarah yang dapat menunjukkan bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi di masa lalu.
b. Unik, artinya tidak ada peristiwa lain yang sama dan terjadi pada waktu bersamaan.
c. Penting, artinya peristiwa memiliki arti penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan serta kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Meski semua kejadian atau peristiwa pada masa lalu merupakan bagian dari sejarah, sejarawan tidak begitu saja mampu merekonstruksi rangkaian peristiwa tersebut. Sejarawan harusmencoba meneliti, menelusuri awal mula kejadian suatu peristiwa atau mencari faktor-faktor penyebab kejadian tersebut.

Sejarawan juga harus mampu mengembangkan pembahasan peristiwa sejarha berdasarkan data dan fakta yang kuat.

2. Sejarah sebagai kisah
Sejarah mempelajari kisah dan pengalaman di masa lalu. Melalui kia sejarah maka akan terlihat gerak dinamis yang terjadi di bumi dengan manusia sebagai objeknya. Sejarah sebagai kisah dapat memberikan contoh teladan bagi manusia untuk berpikir dan bertindak. 

Sejarah sebagai sebuah kisah merupakan hasil rekonstruksi sejarawan terhadap suatu peristiwa. Pelaku sejarah adalah seorang pendongeng sejarah itu sendiri. Untuk menyusun kisah sejarah maka diperlukan fakta-fakta dari berbagai sumber sejarah yang diperoleh dengan serangkaian penelitian sejarah.

3. Sejarah sebagai seni
Sejarah dapat bermakna seni yang menitikberatkan pada nilai estetika karena sejarah menghasilka berbagai macam produk-produk baik yang bersifat konkrit atau abstrak. Sejarah adalah pengetahuan tentang rasa, tidak hanya mempelajari segala yang bergerak dan berubah dalam ruang dan waktu namun juga melihat elemen unsur keindahan.

Berbagai produk seni sejarah seperti candi, manuskrip, babad, arca, punden berundak adalah karya seni hasil sejarah yang menjadi bagian dari fakta sejarah.

4. Sejarah sebagai ilmu
Sebagai ilmu artinya peristiwa sejarah memerlukan penelitian yang sistematis dan metode yang unik untuk mendapatkan bukti-bukti kejadian tersebut. Sejarawan perlu menggunakan metode-metode sejarah untuk menggali dan menemukan fakta sesungguhnya dari sebuah kejadian di masa lalu agar hasilnya objektif dan tidak terlalu melenceng dari kejadian aslinya.
Situs megalitik Gunung Padang memiliki nilai seni tingkat tinggi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close