Contoh-Contoh Batuan Metamorf

- February 03, 2017
Batuan metamorf merupakan batuan yang sudah berubah bentuk oleh panas, tekanan, dan proses kimia, biasanya sambil terkubur jauh di bawah permukaan bumi. Paparan kondisi ekstrim telah mengubah mineralogi, tekstur, dan komposisi kimia dari batu.

Ada dua tipe dasar batuan metamorf. Batuan metamorf foliasi seperti gneiss, phyllite, sekis, dan batu tulis memiliki penampilan yang berlapis atau banded yang dihasilkan oleh paparan panas dan tekanan.

Batuan metamorf Non foliasi seperti hornfels, marmer, kuarsit, dan novaculite tidak memiliki penampilan yang berlapis atau banded. Gambar dan deskripsi singkat dari beberapa jenis umum dari batuan metamorf saya berikan di bawah ini:

Amphibolite adalah batuan non-foliated metamorf yang terbentuk melalui rekristalisasi dalam kondisi viskositas tinggi dan tekanan. Hal ini terutama terdiri dari hornblende (amphibole) dan plagioklas, biasanya dengan sedikit kuarsa.
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Amphibolite
Gneiss adalah batuan metamorf foliated yang memiliki lapisan-lapisan dan terdiri dari butiran mineral granular. Batuan ini biasanya berisi kuarsa melimpah atau mineral feldspar.
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Gneiss
Hornfels adalah nonfoliated batuan metamorf halus tanpa komposisi tertentu. Kenampakan ini dihasilkan oleh kontak metamorfosis. Hornfels adalah batuan yang "dipanggang" sementara di dekat sumber panas seperti dapur magma, sill, atau dyke. 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Hornfel
Marmer adalah batuan non-foliated metamorf yang dihasilkan dari metamorfosis batu kapur atau dolostone. Kompsisi utama batuan ini terdiri dari kalsium karbonat. 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Marmer
Novaculite adalah padat, keras, halus, batu mengandung silika yang pecah dengan fraktur conchoidal. Hal tersebut terbentuk dari sedimen diendapkan di lingkungan laut di mana organisme seperti diatom (ganggang bersel tunggal yang mengeluarkan cangkang keras yang terdiri dari silikon dioksida) yang melimpah di air. 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Novaculite
Phyllite adalah batuan metamorf foliated yang terdiri terutama dari mika sangat halus. Permukaan phyllite biasanya berkilau dan kadang-kadang keriput. Batu ini ada dalam kelas antara batu tulis dan sekis. 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Filit
Kuarsit adalah batuan non-foliated metamorf yang dihasilkan oleh metamorfosis dari batu pasir. Penyusunnya terutama terdiri dari kuarsa. 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Kuarsit
Lapis Lazuli, bahan permata biru yang terkenal, sebenarnya adalah batuan metamorf. Kebanyakan orang terkejut mengetahui bahwa. Batu biru ini sangat langka dan daerah penghasilnya terutama ada di Afganistan.
 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Lapis Lazuli
Sekis adalah batuan metamorf dengan foliation berkembang dengan baik. Batuan ini sering mengandung sejumlah besar mika yang memungkinkan batu untuk dipecah menjadi potongan-potongan tipis. Ini adalah batuan kelas metamorf penengah antara phyllite dan gneiss. Spesimen yang ditunjukkan di atas adalah "klorit sekis" karena mengandung sejumlah besar klorit. 
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Sekis
Slate adalah batuan metamorf foliated yang terbentuk melalui metamorfosis dari shale. Ini adalah batuan metamorf derajat rendah yang terbagi menjadi potongan-potongan tipis. Batu ini banyak digunakan untuk ornamen rumah seprti kolam atua pagar dinding.
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Slate
Soapstone atau batu sabun adalah batuan metamorf yang terutama terdiri dari bedak dengan jumlah yang bervariasi dari mineral lain seperti mika, klorit, amphiboles, pyroxenes, dan karbonat. Komposisinya padat tahan panas, lembut, yang memiliki kapasitas panas spesifik tinggi. Sifat-sifat ini membuatnya berguna untuk berbagai arsitektur dan ornamen ruangan. Gambar dan Sumber: geology.com
Contoh-Contoh Batuan Metamorf
Soapstone
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search