Contoh Gaya Gesek Yang Menguntungkan Dan Merugikan

- February 27, 2017
Gaya gesek adalah sebuah gaya yang beekerja pada suatu benda yang akan memperlambat gerak benda tersebut. Jadi jika gaya luar tidak diberikan pad asuatu benta tetapi gerak benda menjadi makin lambat maka dapat dipastikan pada benda itu bekerja gaya gesekan. Dalam kehidupan kita gaya gesekan ada yang bersifat menungtungkan dan ada yang bersifat merugikan. Beberapa contohnya akan dijelaskan di bawah ini:

1. Gesekan antara bagian-bagian mesin dna koling secara langsung akan menghasilkan panas berlebihan. Ini menyebabkan mesin mobil dan kopling cepat rusak karena aus. Untuk mengatasinya maka mesin mobil dan kopling diberi oli agar permukaan-permukaannya terpisah oleh oli sehingga tidak saling bergesekan secara langsung.

Engsel-engsel pintu dan jendel di rumah harus diberi minyak secara berkala. Dengan memberi minyak maka permukaan-permukaan yang bersentuhan akan menjadi lebih licin. Ini akan mengurangi gesekan antara bagian-bagian engsel ketika digunakan. Dengan demikian umur engsel menjadi lebih lama dan juga tidak berbunyi saat engsel digunakna.

2. Gaya gesekan antara ban mobil dengan permukaan jalan menyebabkan ban mobil cepat aus atau tipis. Gaya gesekan juga menghambat gerak mobil. Untuk mengatasinya maka permukaan jalan dibuat lebih licin dengan melapisi permukaan dengan aspal. Lapisan aspal akan mengurangi gaya gesekan pada mobil sehingga mobil dapat melaju dengan mulus dan cepat.
Contoh Gaya Gesek Yang Menguntungkan Dan Merugikan
Kereta Maglev
3. Gaya gesekan udara pada mobil menyebabkan mobil tak dapat bergerak dengan kelajuan tinggi. Untuk mengurangi gesekan udara maka desain mobil dibuat aerodinamis atau streamline. Mobil dengan body aerodinamis dapat bergerak lincah melalui udara dengan kelajuan yang tinggi.

4. Gesekan air laut pada kapal laut akan menghambat gerak kapal. Untuk mengurangi gaya gesekan ini bagian kapal yang besentuhan langsung dengan air dipisahkan dengan pelampung berisi udara.

5. Roda kereta yang melaju di atas rel baja mendapat gesekan sangat besar sehingga kereta tidak dapat mencapai kelajuan tinggi. Saat ini para ilmuwan Fisika sedang meneliti tentang superkonduktor yaitu suatu material yang tidak memiliki hambatan listrik di bawah suatu nilai suhu tertentu. Sperkonduktor ini dapat menolak magnet sehingga dapat mengangkat magnet. Sekarang produknya dapat terlihat dari kereta magnet yaitu Maglev.

Beberapa contoh gaya gesekan yang menguntungkan di kehidupan adalah sebagai berikut:
1. Gesekan menyebabkan kamu dapat berjalan di atas tanah. Seperti telah dijelaskan dalam aksi-reaksi, ketika telapak kakimu mendorong tanah ke belakang, gesekan ayng dikerjakan tanah pada telapak kakimu mendorong kamu ke depan. Jika tanahnya licin, gaya gesekan tanah pada telapak kakimu sangat kecil. Ini membuat kamu sukat berjaan. Dapat dikatakan bahwa mustahil kamu dapat berjalan kalau tidak ada gaya gesekan.
Contoh Gaya Gesek Yang Menguntungkan Dan Merugikan
Gaya Gesek Pada Rem Cakram
2. Ban mobil dibuat bergerigi agar gaya gesek permukaan jalan pada ban cukup besar. Ini membuat mobil tidak selip atua tergelincir ketika melalui jalan yang licin. Juga agar mobil tidak selip sewaktu di rem kuat pada kecepatan tinggi.

3. Gesekan apda piringan rem sepeda motor digunakn untuk memperlambat kelajuan sepeda motor. Mirip dengan gesekan antara rem karet dan pelek roda juga dimanfaatkan pada proses pengereman sepeda.

4. Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa gesekan udara memperlambat kelajutan jatuh penerjun. Ini membuat penerjun dapat mendarat di tanah dengan selamat.
Gambar: skedgo.com, mobilku.org
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search