Jenis Gumuk Pasir (Sand Dune)

- February 08, 2017
Pernah main ke Pantai Depok atau Parangtritis?. Pastinya kamu akan menemukan banyak gundukan pasir bukan?. Itulah yang namanya gumuk pasir atau sand dune. Gumuk pasir tersebut terbentuk dari proses erosi angin. Sand dune bergerak dengan kecepatan antara 10 m hingga 15 m per tahun. Memang terlihat lambat namun jika anda berdiri di pantai, pergerakan tersebut akan terasa di badan. Baca juga: Jenis-jenis presipitasi

Gumuk pasir mayoritas berbentuk asimetris artinya memiliki kemiringan berbeda di kedua sisi lereng nya. Sisi gumuk pasir yang menghadap ke arah gerakan angin akan lebih pandai sementara yang berlawanan dengan arah angin akan lebih curam (slip face). Jika bagian puncaknya sudah banyak pasir biasanya akan terjadi longsor. 
Jenis Gumuk Pasir (Sand Dune)
Tipe Gumuk Pasir
Star Dune
Bentuk gumuk pasir ini seperti bintang dengan arah angin yang kompleks. Star Dune terbentuk di daerah dengan variasi arah angin yang berbeda-beda sepanjang tahun. Gumuk pasir ini jika dilihat dari atas seperti menyerupai lengan bintang laut.

Barchan Dune
Merupakan gumuk pasir dengan bentuk bulan sabit dega slip face curam. Gumuk pasir bentuk ini jika endapan pasir tidak terlalu banyak. Dalam prosesnya, Barchan dapat berubah menjadi bentuk lurus dengan arah sayap tegak lurus dengan arah datangnya angin.

Parabolic Dune
Merupakan jenis gumuk pasir yang hampir sama dengan barchan namun tipe ini dipengaruhi oleh vegetasi dan punya bentuk yang terbalik. Lengan gumuk pasir tegak lurus dengan arah datangnya angin.
Jenis Gumuk Pasir (Sand Dune)
Nebkha Dune
Transverse Dune
Merupakan bentukan transformasi dari barchan dengan bentuk yang memanjang. Arah angin tegak lurus dengan sayap gumuk pasir.

Nebkha
Merupakan gumuk pasir paling sederhana yang disekitarnya ada vegetasi. Angin tertahan oleh vegetasi sehingga mengumpulkan pasir di sekitar vegetasi yang umumnya semak-semak.
Jenis Gumuk Pasir (Sand Dune)
Chinese Dune
Longitudinal Dune
Gumuk pasir ini punya bentuk simetrsi dengan bentuk lengan sejajar dengan arah angin utama. Morfologinya lurus panjang dengan jarak teratur. Sand dune ini dipengaruhi angin kencang dengan jarak teratur. Di Gurun Sahara, gumuk pasir tipe ini dapat mencapai 100 km lebih dengan tinggi 200 m. Baca juga: Ini lho sejarah terbentuknya gumuk pasir Parangtritis

Chinese Wall Dune
Merupkan gumuk pasir yang membentuk seperti tembok besar China. 
Gambar: geocaching.com, protrails.com, sites.psu.edu
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search