Traveling Membuat Kamu Bahagia Dan Panjang Umur

- February 21, 2017
Kita semua tentunya sering mendengar perkataan "uang tidak bisa membeli kebahagiaan" dan mungkin saja itu ada benarnya. Ada beberapa studi yang membuktikan bahwa dalam beberapa hal, uang bisa membeli kebahagiaan.

Psikolog Cornell University, Thomas Gilovich telah mempelajari kaitan antara uang dan kebahagian selama lebih dari dua puluh tahun. Ia melakukan penelitian psikologi yang luas untuk menemukan alasan mengapa menghabiskan uang untuk pengalaman dibanding membeli barang, dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan jangka panjang.

Ia tidak mengatakan bahwa anda tidak bisa bahagia tanpa uang tapi ada alasan dibalik menghabiskan uang untuk traveling atau liburan lebih membuat bahagia dibandingkan membeli Mobil baru atau sepatu baru misalnya. Ingat bahwa bahagia itu dapat memperkuat sistem imun kita. Jadi kalau kita bahagia maka pasti akan panajng umur dan jarang sakit berat. Kebanyakan ornag sakit berat karena jiwa nya tidak bahagia lalu sistem imun ikut melemah.
Traveling Membuat Kamu Bahagia Dan Panjang Umur
Liburan itu Wajib
1. Pengalaman Lebih Menjadi Bagian Dari Diri Kita Dibanding Barang (Materi)
Kita adalah kumpulan dari pengalaman kita sendiri. Seperti Dr. Gilovich katakan bahwa pengalaman kita adalah bagian terbesar kehidupan kita dibanding barang materi. Meskipun anda mungkin merasa barang materi yang dipunyai di rumah sebagai bagian dari jiwa anda namun mereka masih terpisah dari raga dibandingkan pengalaman yang tersimpan di memori otak.

2. Pengalaman Menambah Koneksi Dengan Orang Banyak
Mungkin kebetulan yang sangat menggelikan ketika anda dan orang lain bertemu di suatu tempat misalnya dengan menggunakan baju yang sama. Jika anda berlibur ke suatu tempat, minimal anda akan bertemu dengan pedagang saat membeli makan atau sama-sama bertemu dengan wisatawan yang tersesat. Disana, komunikasi akan terjalin dan itu akan tertanam di memori anda. Bisa jadi bisnis anda berkembang saat anda bertemu dengan seseorang di tempat liburan misalnya. Ini manfaat penting lain dari liburan yaitu membangun koneksi.

3. Membandingkan Pengalaman Lebih Mudah Dibanding Materi
Sebuah studi menemukan fakta bahwa membandingkan pengalaman saat traveling lebih mudah dibanding membandingkan pengalaman saat membeli mobil mewah dengan banyak fitur. 

4. Kebahagian Dari Pengalaman Lebih Lama Tersimpan Daripada Materi
Ini memang agak rumit, namun apa yang anda lakukan satu kali lebih bisa terekam lama di memori dibanding kebahagiaan memiliki barang yang ada di sekitar. Teorinya, adalah anda akan merasa bosan setiap hari dikelilingi barang-barang materi setiap jadi akan nampak seperti biasa saja. Sementara jika anda berlibur satu hari saja ke satu tempat berbeda, maka itu akan menjadi kenangan seumur hidup.

5. Pengalaman Buruk Sekalipun Akan Membangun Karakter Seseorang
Jika anda membeli sepatu jelek, maka anda akan membencinya bukan?. Maka sudah, itu saja yang anda rasakan. Namun pengalaman, bagaimanapun kondisinya akan membentuk dan membangun karakter anda. Pengalaman adalah guru terbaik dan menjadi fondasi kekuatan hidup. Mungkin saat liburan atua traveling anda pernah tersesat, tertipu atau kehilangan uang. Itu semua adalah ilmu baru untuk membangun kesuksesan di masa depan.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search