Genesa Atol dan Sebarannya di Bumi

- March 29, 2017
Atol merupakan sebuah cincin terumbu karang, pulau atau serangkaian pulau yang ada di laut. Atol mengelilingi sebuah badan air yang disebut laguna. Kadang-kadang atol dan laguna melindungi pulau utamanya. Saluran diantara pulau menghubungkan laguna menuju laut atau samudera. Lalu bagaimana genesa atau pembentukkan atol itu sendiri?.

Atol berkembang dari sebuah gunung api bawah laut atau seamount. Pertama gunung tersebut mengalami erupsi, mengendapkan lava di lantai samudera. Seiring bertambahnya erupsi maka endapan lava semakin meninggi dan mencapai permukaan air laut. Bagian yang keluar dari permukaan air laut menjadi pulau di tengah samudera. 

Pada tahap berikutnya, hewan laut kecil yang disebut karang atau coral mulai terbentuk di sekitar pulau. Jenis karang yang membangun terumbu disebut hermatypic atau karang keras. Karang ini membuat exoskeleton keras batu kapur dalam waktu lama.

Terumbu karang ini disebut dengan terumbu karang tepi atau fringing reef, mengelilingi pulau dibawah permukaan laut. Selama jutaan tahun, pulau vulkanik ini ter-erosi dan tenggelam ke dasar laut. Proses ini dinamakan penurunan atau subsidence. Puncak gunung ini menjadi datar karena erosi gelombang laut yang konstan. Puncak gunung yang datar ini dinamakan guyot. 
 
Genesa Atol dan Sebarannya di Bumi
Genesa Atol
Setelah guyot terbentuk, terumbu cincin tadi berubah menjadi karang penghalang (barrier reef). Sebuah karang penghalang terbentuk jauh dari pantai dan punya laguna lebih dalam. Karang penghalang tadi melindungi laguna dari angin kencang dan gelombang laut terbuka.
Penurunan pulau membawa sedikit perbedaan karena senyawa kimia laut mengubah karang secara radikal. Di bagian luarnya, sisi laut yang menghadap karang tetap menjadi ekosistem laut yang sehat.  Karang di bagian dalam sisi laguna perlahan membusuk karena ganggang yang ada disekitar karang menghadapi banyak kompetisi. 

Pada tahap akhir pembentukkan atol gelombang laut memecah potongan karang batu kapur menjadi butirna pasir yang halus. Pasir dan bahan lainnya disimpan oleh gelombang atau angin hingga menumpuk di atas karang. Bahan-bahan ini seperti bibit tanaman, membentuk pulau cincin atau atol.
Genesa Atol dan Sebarannya di Bumi
Atol Takaboneret di Sulawesi Selatan
Karang hermatypic hanya hidup di perairan hangat seperti di daerah Pasifik bagian tengah. Naturalis terkenal yang pertama kali menjelaskan pembentukkan atol adalah Charles Darwin. Ada banyak atol indah di dunia diantaranya Atol Takabonerete di Sulawesi Selatan, Atol Funafuti di Tuvalu, Atol Tikehau di Pasifik, Atol Light house di Belize dan Atola Suvadiva di Maladewa.
Gambar: indonesiacruising.com, batuankrypton.wordpress.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search