Bonus Demografi Ancaman Indonesia

- April 21, 2017
Apa kamu rasakan jika mendapatkan bonus uang atau hadiah misalnya?. Tentu merasa senang bukan?. Tapi bagaimana jika bonus tersebut dalam wujud yang lain. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang bonus demografi. Bonus demografi ialah suatu istilah kependudukan untuk menggambarkan melimpahnya penduduk usia produktif.

Menurut data sensus penduduk 2010, jumlah penduduk Indonesia mencapai 230 juta lebih. Dengan melihat struktur piramida penduduk Indonesia saat ini maka pemerintah memberikan suatu istilah yang dinamakan bonus demografi. Banyaknya jumlah penduduk produktif ini pada dasarnya merupakan modal dasar bagi pembangunan Indonesia secara kuantitas. 

Dirahapkan potensi-potensi terbaik dari penduduk Indonesia bisa dioptimalkan untuk menyongsong tahun emas 2045 atau hari kemerdekaan Indonesia ke 100. Kita harus optimis dapat menjadi negara maju di tahun 2045. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya bonus demografi ini benar-benar menjadi bonus yang menguntungkan bukan merugikan.
Bonus Demografi Ancaman Indonesia
Pemerataan penduduk di Indonesia belum tercapai
Kuantitas harus diimbangi dengan kualitas dan persebaran yang merata. Saat ini pembangunan di luar Jawa sudah mulai dikebut dan tidak berpusat di Jawa saja. Hal ini tentu akan mendorong lahirnya pusat pertumbuhan baru. Penduduk diharapkan tidak hanya mengincar Jakarta dan sekitarnya sebagai tempat mencari kehidupan dan penghidupan. 

Mentalitas penduduk yang merugikan juga harus dihilangkan seperti buang sampah sembarangan, hujat menghujat, korupsi dan lainnya. Kualitas sumber daya manusia adalah yang terpenting dalam percepatan pembangunan wilayah di Indonesia. Pendidikan yang baik dan merata di semua daerah menjadi prioritas untuk membangun sumber daya yang unggul dan handal di semua daerah. 

Menurut Bank Dunia, saat ini Indonesia sudah memasuki era negara Industri jadi beberapa tahun yang akan datang pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sejajar dengan Cina, India dan Amerika. 

Sumber daya alam yang melimpah di Indonesia hingga saat ini belum dimaksimalkan dengan baik untuk pembangunan. Banyak sumber daya terbarukan yang belum dikelola seperti panas bumi atau angin misalnya. Padahal Indonesia punya barisan gunung api terbanyak di dunia dan hal ini menjadi sumber energi yang sangat besar. 

Ketergantungan produk impor juga masih menjadi tantangan pemerintah. Kemandirian negara masih terus dicoba ditingkatkan agar tidak terlalu banyak mengimpor dari negara luar. Produk-produk kreatif harus banyak dimunculkan untuk meningkatkan daya saing dengna negara lain.
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search