Keuntungan dan Kerugian Energi Panas Bumi atau Geotermal

- April 05, 2017
Inti bumi sekitar 4.000 mil jauhnya di dalam permukaan bumi merupakan lautangas panas dan batuan cair dengan suhu mencapai 7.200 derajat C. Suhu panas tersebut dihasilkan dari peluruhan ernegi radioaktif yang terletak di dalam inti bumi. Secara teknis, energi geotermal adalah suatu bentuk dari energi nuklir meski dengan implikasi yang berbeda dari energi nuklir karena ketebalan bumi kita yang mencapai ribuan kilometer menahan efek radiasi nuklir di dalam bumi tersebut. Meskipun demikian, kita masih bisa mendapatkan uranium dan gas radioaktif lain di permukaan bumi.

Bergerak jauh ke bagian atas bumi, suhu mendingin ke titik 1.500 derajat. Karena bumi sama sekali tidak seragam maka suhu nya akan bervariasi. Ada beberapa lokasi dimana kerak bumi sangat tipis yang berarti suhu panas akan mendekati permukaan bumi. Mata air panas, geyser dan gunung api sering ditemukan di daerah ini. Ketebalan kerak bumi bervariasi dari 20 - 40 mil.

Jumlah energi termal yang terdapat di kerak bumi sangat besar. Para ahli memprakirakan nilainya setara dengan 79 milyar barel minyak atau 15 ribu kali lebih besar dari cadangan minyak di seluruh dunia. Tidak seperti minyak, ladang geotermal akan terus diproduksi ulang. Energi listrik yang dihasilkan sebuah sumber hidrotermal berkisar di angka 100.000 Megawatt.

Sumber daya panas bumi bervariasi dari lokasi ke lokasi, namun teknologi modern mampu menciptakan energi dari suhu yang lebih rendah. Islandia telah memasok energi negaranya sebesar 25% dari panas bumi ini. 
Keuntungan dan Kerugian Energi Panas Bumi atau Geotermal
Pembangkit Listrik Panas Bumi
Di Indonesia, energi panas bumi pertama dikembangkan di daerah Kamojang Garut. PLTPB Kamojang merupakan unit pembangkit listrik tenaga panas bumi tertua  dan masih beroperasi hingga saat ini di Indonesia. Indonesia yang dikenal sebagai negara cincin api dengan gunung api terbanyak di dunia, merupakan sebuah anugerah. Lokasi panas bumi tersebar terutama di zona subduksi lempeng bagian selatan. Akan tetapi pemanfaatan energi panas bumi ini masih menuai pro dan kontra. 

Keuntungan Energi Panas Bumi
1. Energi geotermal dianggap ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi.
2. Reservoir panas bumi dapat diisi ulang secara alami dan termasuk energi tipe terbarukan.
3. Memiliki potensi listrik sangat tinggi, mencapi 2 tera watt.
4. Dapat dibangun di bawah tanah
5. Nol karbon
6. Instalasi yang relatif mudah

Kerugian Energi Panas Bumi
1. Ada beberapa isu lingkungan yang terkait pemanfaatan panas bumi.
2. Pembangkit listirk panas bumidalam kasus tertentu bisa memicu gempa bumi.
3. Lokasinya spesifik dan membutuhkan biaya eksplorasi cukup tinggi.
4. Menghasilkan emisi Sulfur dan Silikat.
5. Biaya konstruksi tinggi.
6. Pengeboran ke dasar batuan panas sangat sulit.

Gambar: ec.europa.eu
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search