Zero Population Growth dan Kemakmuran Negara

- April 24, 2017
Pertumbuhan sebuah negara berbeda-beda dan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Seperti yang kamu ketahui di berbagai berita dan literasi, populais dunia saat ini meningkat dengan kecepatan eksponensial. Dengan kata lain semakin banyak penduduk menghuni planet Bumi ini dari waktu ke waktu. Pertumbuhan penduduk dapat didefinisikan sebagai perubahan jumlah penduduk di suatu tempat atau negara dalam hal ini selama periode waktu tertentu. Pertumbuhan penduduk yang positif berarti jumlah penduduk meningkat sementara pertumbuhan penduduk yang negatif berarti jumlah penduduk menurun.

Zero Population Growth atau pertumbuhan populasi nol terjadi bila tidak ada perubahan jumlah orang dalam waktu tertentu. Katakanlah kota Jogjakarta dan Solo memiliki ZPG tahun lalu, apakah ini berarti tidak ada yang meninggal atau lahir tahun lalu?. Kamu mungkin berpikir demikian namun tidak sesederhana itu. Saat kita berbicara tentang tidak ada perubahan jumlah orang, maka itu tidak berarti tanpa adanya perubahan sama sekali.

Tidak ada perubahan bersih berarti jumlah orang yang lahir sama dengan jumlah orang yang meninggal dunia. Dengan demikian, zero population terjadi karena tingkat kelahiran dan kematian relatif sama.  Tingkat kelahiran mengacu pada jumlah kelahiran per 1.000 orang tiap tahun sementara tingkat kematian mengacu pada jumlah kelahiran per 1.000 orang tiap tahun. 
Zero Population Growth dan Kemakmuran Negara
Piramida Penduduk  Zero Population (Inggris)
Saat menghitung angka pertumbuhan penduduk, kita juga harus memperhitungkan orang-orang yang bergerak masuk dan keluar dari suatu daerah. Saat zero population terjadi maka imigrasi dan emigrasi memiliki angka yang sama. Artinya jika penduduk yang keluar daerah 100 orang maka penduduk yang masuk pun 100 orang. Mobilitas penduduk saat ini sangat cepat dan hampir pasti ada orang yang masuk dan keluar ke suatu daerah dalam satu tahun.

Melihat populasi dunia yang terus melesat, anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sebuah negara dapat mencapai pertumbuhan populasi nol. Negara dengan tingkat kesuburan rendah cenderung punya tingkat pertumbuhan penduduk yang lebih rendah. Tingkat kesuburan total mengacu pada jumlah rata-rata anak yang dimiliki seorang wanita sepanjang hidupnya. Semakin banyak wanita yang hanya memiliki dua anak maka potensi terjadinya ZPG sangat besar.

Biasanya negara maju memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah. Negara dunia pertama atau golongan negara industri maju sudah memiliki standar hidup yang lebih tinggi seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, Perancis dan Jerman. Negara-negara tersebut cenderung memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih rendah karena program pengendalian kelahiran, perawatan medis dan angka harapan hidup yang baik. Indonesia saat ini masih memiliki angka pertumbuhan penduduk yang tinggi diatas 1%. Jadi untuk mencapai zero population dibutuhkan komitmen dari pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.
Gambar: bbc.uk
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search