Makna Wawasan Nusantara Kaitannya dengan Geopolitik

- May 31, 2017
Indonesia sebagai sebuah negara tentu memiliki posisi tersendiri dalam percaturan dunia internasional. Geopolitik Indonesia tidak lepas dari kaitan antara konsep geografi dan politik. Geografi pada prinsipnya lebih menekankan pada tata ruang dan hal-hal yang menempati ruang tersebut. Dengan begitu geografi menyangkut pada interelasi antara manusia dan lingkungan tempat hidupnya. 

Sementara politik selalu berkaitan dengan kekuasaan atau pemerintahan. Jadi jika dikombinasikan, geopolitik adalah suatu studi yang mengkaji masalah-masalah geografi, sejarah dan ilmu sosial dengan mengacu  pada percaturan politik internasional. Geopolitik mengkaji makna strategis dan politis suatu wilayah yang mencakup lokasi, luas serta sumber daya yang ada di dalamnya.

Dalam memahami geopolitik Indonesia secara nasional, bangsa Indonesia harus memiliki wawasan atau pandangan nasional yang sama. Bila tidak ada maka pembangunan akan tidak berjalan. Rusaknya sendi-sendi pemangunan sering dipicu oleh pelaku pemangunan yang tidak memiliki wawasan yang sama dan akhirnya timbul perpecahan hingga separatisme.

Untuk menghindari kasus-kasus disintegrasi bangsa yang pernah terjadi, maka perlu disuntikkan kembali konsep tentang Wawasan Nusantara. Makna wawasan nusantara adalah sebagai berikut:

1. Waawasan berarti pandangan, tinjauan, penglihatan atau tanggap inderawi. Selain menunjukkan kegiatan untuk mengetahui isi serta arti pengaruh-pengaruhnya dalam kehidupan berbangsa, juga melukiskan cara pandang, cara tinjau, cara lihat atau tanggap inderawi.

2. Nusantara adalah suatu konsepsi untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau yang terletak diantara samudera pasifik dan samudera hindia serta antara dua daratan Asia dan Australia.

3. Wawasan nusantara artinya cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungannya dengna mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Wilayah Nusantara tersusun dari gugusan dari pulau-pulau besar dan kecil, membentang di tengah khatulistiwa dengan kekayaan sumber daya alam dan budayanya. Dengan memerhatikan arti wawasan nsuantara tersebut, maka dapat menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya wawasan nusantara memiliki empat makna yaitu:

1. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik.
2. Wawasan nusantara mencakup perwujudan keupulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi.
3. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya.
4. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan.
Makna Wawasan Nusantara Kaitannya dengan Geopolitik
Indonesia kaya akan budaya
Sebagai kesatuan politik, wawasan nusantara mengandung makna:
1. Kebulatan wilayah nasional beserta kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup dan kesatuan matra seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bersama bangsa Indonesia.

2. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku dan berbicara agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME, harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya.

3. Secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu rasa senasib sepenanggungan, sebangsa setanah air dan punya satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.

4. Pancasila sebagai satu-satunya falsafah, ideologi negara yang senantiasa membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuannya.

Sebagai kesatuan ekonomi, wawasan nusantara mengandung makna:
1. Kekayaan nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bangsa Indonesia. Kekayaan itu harus dikelola untuk keperluan sehari-hari dan merata di semu wilayah.

2. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.

3. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggrakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditunjukkan bagi kemakmuran semua rakyat.

Sebagai satu kesatuan sosial budaya, wawasan nusantara mengandung makna:
1. Masyarakat Indonesia sebagai satu perikehidupan bangsa harus  merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa.

2. Budaya Indonesia pada dasarnya adalah satu kesatuan dalam keberagaman. Inilah yang menjadi modal dasar pembangunan dan sekaligus jati diri bangsa. 

Sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan, wawasan nusantara mengadung makna:
1. Segala ancaman terhadap satu pulau atau daerah pada dasarnya adalah ancaman bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan.
2. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela negara dan bangsa.

Gambar: deviantart.net

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search