Masuk Kelas di Awal Semester Ngajar Apa?

- May 24, 2017
Sekolah kini sudah memasuki akhir semester dan sekitar bulan Juli kita sudah masuk tahun ajaran baru 2017/2018. Pastinya semua guru akan sibuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar di tahun depan. Nah, kadang setiap awal masuk kelas di tahun ajaran baru kita sering bingung mau melakukan apa?. Apakah langsung ngajar tiba-tiba?. Saya akan berikan beberapa tips bagaimana memulai kelas di tahun ajaran baru atau awal semester agar siswa tidak shock.

Saya juga banyak mendapatkan ilmu dari guru-guru senior dan pakar pendidikan terkait hal tersebut. Ternyata kegiatan kelas di awal semester berpengaruh terhadap penilaian siswa terhadap guru dan semangat belajar mereka. Intinya jangan langsung tiba-tiba memberikan materi pelajaran kepada siswa karena itu akan membuat siswa bad mood. Apalagi sebelumnya libur panjang tentu pikiran siswa masih ga karuan bukan, jadi kita kembalikan dulu secara perlahan mood siswa untuk siap belajar. Inilah beberapa kegiatan yang bisa anda lalukan di kelas di awal semester.

1. Perkenalan
Saat masuk kelas pertamakali tentu kita akan perkenalan dulu. Kalau bisa buatlah slide perkenalan diri yang bagus. Selain itu jika di awal kita bisa membuat slide perkenalan yang bagus maka siswa juga akan tertarik dan pasti akan menjadi calon guru favorit. Jadi kesan pertama akan menjadi pertaruhan anda di kemudian hari. Jadi buatlah kesan pertama yang menggoda.

2. Cari video menarik tentang kehidupan
Seperti saya sudah bilang di awal, jangan langsung berikan materi alias pemanasan atau foreplay dulu lah. Saya pernah cari gambar atau video yang didalamnya berisi tentang nilai kehidupan atau kondisi kehidupan saat ini. Siswa nanti diminta mencermati dan menuliskan isi yang terkandung dalam gambar/video tersebut. Nanti setiap siswa diminta ke depan untuk mengkomunikasikan simpulannya. Kalau pakai video, cari vide dengan durasi maksimal 15 menit saja, karena kalau kelamaan akan membuat siswa bosan, ini berdasarkan pengalaman saya. Cari aja keyword: people nowadays di google pasti banyak gambarnya seperti di bawah ini. Usahakan tiap siswa ga sama gambarnya.
Masuk Kelas di Awal Semester Ngajar Apa?
Contoh gambar kehidupan saat ini
3. Buat flashback dalam kertas
Jika kamu guru geografi seperti saya maka anda bisa membuat flashback. Minta siswa untuk mengingat sekilas tentang materi apa yang ia ingat tentang geografi selama di jenjang sebelumnya. Lalu buat refleksi tentang kesulitan dan apa yang ia senangi dari materi pelajaran tersebut. Ini bisa membuat pemetaan kemampuan siswa.

4. Games
Carilah games-games yang cukup menarik dan bisa diaplikasikan di kelas. Sesuaikan dengan kondisi jumlah siswa dan tujuan dari games tersebut.  

5. Ceritakan pengalaman liburan
Kalau anda mau, bisa juga meminta siswa menulis dan menceritakan pengalaman selama liburan semester. Dengan begini anda akan tahu mana anak yang jago nulis dan masih susah.

Terakhir, guru wajib menyampaikan rincian materi, project, tugas, tata cara penilaian, aturan dan semua hal yang terkait kegiatan pembelajaran dalam satu semester tersebut. Jadi anak akan paham hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan di kelas selama kegiatan belajar berlangsung. Kalau punya ide lain silahkan komen saja ya, biar banyak lagi inspirasi lain.
Gambar: www.wordsonimages.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search