Pelajaran Geografi Sulit, Benarkah?

- July 18, 2017
Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk rumpun Ilmu Sosial di jenjang Sekolah Menengah. Benarkah pelajaran geografi itu sulit?. Mungkin saat mendengar kata geografi, yang ada di benak pikiran kalian adalah negara, gunung api, peta, ibukota atau sungai. Pada dasarnya geografi memang mempelajari tentang lokasi, namun apakah hanya sebatas menghapal lokasi saja?. 

Di level SMA, geografi lebih mengarahkan siswa untuk berfikir kritis tentang suatu permasalahan atau fenomena yang terdapat pada sebuah lokasi atau daerah. Jadi geografi bertugas untuk mengasah kecerdasan spasial seseorang agar ia mampu menggunakan, mengelola dan memprediksi suatu fenomena dalam suatu ruang permukaan bumi. 

Ambil contoh fenomena Mudik yang selalu terjadi tiap tahun saat lebaran tiba. Mudik merupakan sebuah fenomena migrasi masif yang terjadi di Indonesia. Apa saja yang bisa dianalisa tentang mudik dalam geografi. Anak bisa belajar menganalisa:
1. Lokasi mana saja yang menjadi tujuan pemudik?
2. Dimana daerah rawan kemacetan?
3. Kapan prediksi arus mudik dan balik?
4. Bagaimana cara mengatur jalur pemudik agar tidak terjadi kemacetan?
Pelajaran Geografi Sulit, Benarkah?
Mudik merupakan fenomena keruangan yang unik
Pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan jawaban yang lebih mendalam dan anak bisa dituntut berfikir kritis, analisis, logis sehingga otaknya terasah. Hingga kini masih banyak anak yang menganggap geografi pelajaran sulit sehingga mereka tidak begitu tertarik padahal sebenarnya geografi itu adalah pelajaran menantang. Coba lihat di luar negeri ada Channel National Geographic, BBC, Explorer dan lainnya. Itu semua berbasis geografi dan menjadi channel favorit untuk menambah wawasan geografi. Fenomena unik dijelaskan secara detail dengan berbagai fakta, video dan data yang begitu akurat. Berbagai fenomena baik yang bersifat fisik maupun sosial disajikan dalam video-video yang ditunjang oleh narasumber yang berkualitas, ahli di bidangnya. Lalu dimana channel geografi di Indonesia?. Jadi berbahagialah keluarga yang menggunakan TV berlangganan karena bisa menonton video geografi berkualitas untuk anak anda. Jadi masih ada yang mau belajar geografi?.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search