Ukuran Satuan Astronomi

- July 18, 2017
Alam semesta ini terdiri dari berbagai benda seperti galaksi, bintang, planet dan lain-lain. Benda-benda tersebut memiliki jarak satu sama lain. Lalu apakah pengukuran jarak antar benda langit sama dengan jarak di Bumi?. Kamu tentu tahu bahwa jarak antar galaksi sangat jauh dan sangat tidak enak jika menggunakan satuan jarak di Bumi. Misal jarak Bima Sakti ke Andromeda adalah 500 triliun km. Suatu angka yang sangat banyak jika ditulis dengan notasi angka. Oleh sebab itu para astronom membuat penyederhanaan untuk mengukur jarak antar benda langit yaitu dengan satuan astronomi. Satuan Astronomi umum yang lazim digunakan untuk mengukur benda di Tata Surya adalah Astronomical Unit (AU) atau dalam bahasa Indonesia yaitu Satuan Astronomi (SA).

Dalam aturan umum, 1 SA mewakili jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari. 1 SA =  150 juta km. Orbit Bumi mengelilingi matahari bukan lingkaran sempurna jadi jarak Bumi ke Matahari bisa berubah sepanjang tahun. Pada saat berada di perihelium (bulan Januari) jarak Bumi-Matahari adalah 0,983 AU. Saat berada pada aphelium (bulan Juli) jaraknya sekitar 1,017 AU.
Satuan Astronomi
Satuan Kecepatan Cahaya
Satuan kecepatan cahaya merupakan kecepatan tempuh berkas cahaya dalam satu detik. 1 Detik cahaya dapat menempuh jarak 300.000 km. Contoh jarak Bumi ke Bulan adalah 380.000 km maka jika dirubah ke cahaya menjadi 1,26 detik cahaya. Satuan cahaya biasa digunakan untuk mengukur benda-benda yang sangat jauh misal bintang atau galaksi. Jika jarak bintang Alpa Centauri adalah 4,3 tahun cahaya maka jarak sebenarnya adalah 4,3 x 365 x 24 x 60 x 60 x 300.000 km. Silahkan hitung sendiri.

Satuan Parsec
Parsec adalah ukuran jarak paling besar dan didasarkan pada metode paralaks trigonometri. Sudut yang dibentuk bintang terhadap jari-jari orbit Bumi-Matahari dinamakan Paralaks. 1 Parsec = 3,6 tahun cahaya. Satuan Parsec paling banyak digunakan oleh astronom karena lebih sederhana nominalnya.
Satuan Astronomi
Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search