Animasi Gunung Api Strato, Perisai, Caldera - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Agustus 18

Animasi Gunung Api Strato, Perisai, Caldera

Animasi Gunung Api Strato, Perisai, Caldera - Indonesia memiliki banyak gunung api dan bahkan yang terbanyak di dunia mungkin. Gunung api meruakan sebuah fenomena yang dihasilkan dari adanya penerobosan magma dari dalam bumi ke luar permukaan bumi. 

Apakah semua tempat di bumi ini terdapat gunung api?. Tidak, kebanyaka gunung api terbentuk di daerah subduksi lempeng dan hot spot. Gambar: disini
Add caption
Lalu apakah semua bentuk gunung api sama?. Tidak juga, ada 3 bentuk gunung api yang umum dijumpai yaitu strato, perisai dan kaldera. Gunung api strato terbentuk dari hasil endapan abu vulkanik dan lava sehingg membentuk kerucut menjulang ke atas. 

Gunung api perisai lahir karena erupsi magma encer sehingga berbentuk datar tidak menjulang ke atas. Umumnya banyak dijumpai di tengah samudera atau batas divergen. Kaldera merupakan gunung api yang terbentuk dari runtuhan kawah utama sehingga menghasilkan kawah baru yang luas seperti di Bromo.

Mayoritas gunung api di Indonesia bertipe strato dan kaldera. Hal tersebut dipengaruhi oleh posisi Indonesia yang berada di zona subduksi lempeng. Gunung api tipe perisai contohnya adalah Kilauea dan Maona Loa di Hawaii. 

Sumber: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close