Sifat Kimia Mineral Batuan

- August 28, 2017
Jika kamu pergi bermain di sekitarmu, tentu akan banyak sekali dijumpai batuan, bukan?. Nah batuan pada dasarnya tersusun atas berbagai macam mineral. Mineral dapat dikenal berdasarkan sifat kimia dan sifat fisiknya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sifat kimia mineral. Baca juga: Fase pembentukkan fosil

Mineral tersusun atas molekul-molekul dan molekul terdiri atas atom-atom. Molekul paling melimpah di muka bumi adalah Oksigen. Hingga kini telah dikenal lebih dari 2.000an jenis mineral yang ada di bumi. Mineral-mineral dapat dikenal dengan jalan meneliti unsur-unsur yang ada di dalamnya misalnya air. Air merupakan mineral yang tidak berhablur, terdiri dari atom hidrogen dan atom oksigen. Bijih besi dalam bahasa kimia dikenal dengan hematit. Menurut susunan kimianya, maka akan dijumpai mineral murni, sulfida, oksida, halida, karbonat, sulfat, fosfat dan silikat.
 
Sifat Kimia Mineral Batuan
Mineral Quatz Amethyst

1. Unsur murni
Mineral sebagai unsur murni dapat dijumpai pada logam, bukan logam dan setengah logam. Jenis mineral logam adalah emas, perak dan besi. Sementara yang bukan logam adalah belerang, intan dan grafit. Salah satu contoh minerla setengah logam adalah bismut.

2. Sulfida
Mineral yang terdapat dalam sulfida adalah senyawa antara logam dan setengah logam dengan belerang. Contohnya besi dan belerang dan seng dengan belerang.

3. Oksida
Mineral oksida adalah senyawaan dengan oksigen misalnya antara silikon dengan oksigen dan antara besi dengan oksigen. Kuarsa adalah contoh pertama sementara adalah bijih besi.

4. Halida
Mineral yang terdapat sebagai halida adalah senyawaan dengan garam-garaman. Gram dapur atau halit adalah contoh halida penting di kehidupan kita.
 
Sifat Kimia Mineral Batuan
Minerla halit pada garam

5. Karbonat
Mineral yang merupakan karbonat adalah senyawaan antara karbon, oksigen dan satu atau lebih unsur lain. Misalnya kalsit yang terdapat di dalam gua batugamping berwujud stalaktit dan stalagmit.

6. Sulfat
Mineral kategori sulfat adalah senyawaan antara belerang, oksigen dan satu atau lebih unsur lain misalnya gipsum.

7. Fosfat
Mineral fosfat merupakan senyawaan antara fosfor, oksigen dan unsur lain. Contohnya adalah pupuk fosfat yang terjadi dari reaksi batugamping pada kotoran kelelawar di dalam gua batu gamping. Baca juga: Perbedaan wadi dan oasis

8. Silikat
Mineral yang terdapat sebagai silikat adalah penggabungan antara silikon, oksigen dan unsur-unsur lain. Silikat adalah bagian terpenting dari kulit bumi. Hampir 1/3 dari semua mineral diketahui sebagai silikat. Contohnya adalah uarsa, mika, kaolin dan talk.

Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search