Pembahasan Kunci Jawaban OSK Geografi 2024 No 31-40 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, April 21

Pembahasan Kunci Jawaban OSK Geografi 2024 No 31-40


Halo adik-adik kita lanjut bahas lagi soal OSN Geografi untuk kalian. Jangan lupa selalu pantengin blog ini dan share ke teman-teman lain.


31. Nature Based Solution (NBS) atau solusi berbasis alam adalah solusi yang mengacu pada pengelolaan dan penggunaan alam yang berkelanjutan untuk mengatasi tantangan sosial, lingkungan. Tantangan tersebut meliputi masalah-masalah seperti perubahan iklim, keamanan air, polusi air, ketahanan pangan, kesehatan manusia, hilangnya keanekaragaman hayati, dan manajemen resiko bencana. Salah satu contoh NBS di dalam manajemen sumber daya air adalah ...
a. pencarian sumber daya air alternatif
b. penerapan pajak untuk penggunaan air tanah
c. pembangunan infrastruktur saluran air bersih dan kotor
d. penataan ruang dan reboisasi di hulu
e. normalisasi sungai

Kunci
d. Penataan ruang dan reboisasi di hulu.

Penataan ruang dan reboisasi di hulu mengacu pada upaya untuk mengatur penggunaan lahan dan melakukan penanaman kembali vegetasi di daerah aliran sungai atau hulu. Ini membantu meningkatkan infiltrasi air ke dalam tanah, mengurangi erosi tanah, dan mempertahankan keberlanjutan ekosistem air. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana pemanfaatan alam secara berkelanjutan dapat membantu mengelola sumber daya air secara efektif.

32. Grafik persebaran penduduk negara Swiss berikut menunjukkan adanya fenomena ... pada rentang waktu 1960-1980.

a. urbanisasi
b. suburbanisasi
c. ruralisasi
d. migrasi penduduk
e. deindustrialisasi

Kunci
Dilihat dari grafik warna garis merah terjadi peningkatan penduduk ke pedesaan (rural), jadi ruralisasi.

33. Selama perumusan hipotesa pergeseran benua, Wegener mengandalkan berbagai jenis bukti untuk mendukung gagasan inovatifnya. Dari antara pilihan berikut yang mewakili jenis bukti yang tidak digunakan untuk mendukung hipotesanya adalah ....
a. bukti dari analisis bentang alam yang khas
b. bukti diperoleh dari pemeriksaan distribusi fosil di benua
c. bukti berdasarkan studi tentang sisa-sisa manusia dan peradaban 
d. bukti diambil dari pemeriksaan pola iklim di masa lalu
e. bukti dari salah satu di atas

Kunci
Faktor peradaban manusia tidak dijadikan sumber utama dalam mendukung hipotesa Wegener. Baca lagi di artikel: Bukti Teori Wegener.

34. Berdasarkan gambar, Kalimantan adalah salah satu wilayah Indonesia yang mempunyai banyak curah hujan monsunal. Gangguan variabilitas iklim yang terjadi pada pola curah hujan ini biasanya fenomena yang terjadi dalam arah ....

a. Zonal
b. Meridional
c. Vertikal
d. Horizontal
e. Merizonal

Kunci
Gangguan variabilitas iklim yang terjadi pada pola curah hujan monsunal biasanya merupakan fenomena yang terjadi dalam arah meridional. Ini yang membedakan adalah arah pergerakannya.

Pola curah hujan monsunal cenderung dipengaruhi oleh pergerakan udara horizontal secara melintasi garis lintang, sehingga gangguan variabilitas iklimnya lebih cenderung bergerak secara meridional melintasi garis lintang, daripada secara vertikal.

Angin zonal itu angin yang arahnya dari timur-barat, sementara angin meridonal itu arah pergerakannya utara-selatan. Angin zonal adalah sirkulasi angin yang berhembus dari timur ke barat, juga disebut sirkulasi Walker. Angin zonal memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada angin meridional  yang bergerak dari utara-selatan.

35. Diantara pilihan berikut, yang paling baik mendeskripsikan praktik shifting cultivation adalah ....
a. merupakan pertanian subsisten yang menggunakan sebidang lahan dalam suatu periode tertentu kemudian ditinggalkan untuk kembali lagi ke tempat itu di masa depan
b. merupakan usaha pertanian komersial yang menerapkan rotasi shifting satu jenis tanaman di suatu lahan ke tanaman lain dalam pola berurutan
c. merupakan pertanian nomaden pastoral dari satu sumber makanan ke sumber lain
d. merupakan pertanian pada wetland, dengan sistem terasering untuk budidaya padi
e. merupakan pertanian terintegrasi intensif tanaman dan ternak dalam suatu bidang pertanian

Kunci
Shifting cultivation, juga dikenal sebagai pertanian berpindah, adalah metode pertanian tradisional di mana petani secara periodik berpindah dari satu area ke area lain untuk membuka lahan baru untuk bercocok tanam. Proses ini melibatkan penebangan pohon dan pembakaran vegetasi di area baru untuk membuat ladang baru. Setelah tanah di area tersebut kehilangan kesuburan atau produktivitasnya, petani akan pindah ke lokasi baru dan memulai proses yang sama.

Shifting cultivation umumnya dilakukan di daerah tropis dan subtropis, di mana tanah sering kali kurang subur dan tidak mampu mendukung pertanian permanen dalam jangka panjang. Metode ini memberi tanah waktu untuk pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh pertanian dan pembakaran, tetapi jika prakteknya tidak terkelola dengan baik, dapat menyebabkan degradasi lahan dan kerusakan lingkungan.

36. Perbedaan definisi cuaca dan iklim terletak di ...
a. skala ruang
b. skala waktu
c. skala ruang dan waktu
d. skala spasial, temporal dan vertikal
e. skala vertikal dan temporal

Kunci
Bedanya di waktu, kalau cuaca terjadi dalam waktu cepat sementara iklim itu lama. Dalam skala ruang, terdapat istilah iklim mikro, jadi tidak selalu cakupannya luas. Misal ada gua di Gunung Kidul yang memiliki gua amblasan sinkhole menciptakan kondisi iklim mikro sehingga kenampakan vegetasi dan kondisi cuacanya sangat unik.

37. Populasi penduduk Korea Selatan mengalami penurunan namun aging-population cenderung meningkat trend nya. Terjadinya peningkatan aging-population ini mengindikasikan ...
a. berkurangnya peluang kerja di sektor settled
b. proses transisi demografi berada di level 2
c. biaya kehidupan semakin meningkat
d. tahap perkembangan ekonomi memasuki take off
e. jaminan sosial dan kesehatan cenderung lebih baik

Kunci
Korea Selatan yang sedang berada di dalam fase aging population shifting yang dimana bertambahnya populasi orang tua dan berkurangnya populasi generasi muda. Hal ini dikarenakan Korea Selatan sedang mengalami krisis demografi atau rendahnya angka kelahiran. Jadi kebanyakan usia tua gitu lah ya, itu karena biaya hidup meningkat jadi orang pada malas menikah punya anak.

38. Kenampakan berikut mungkin didapati pada lingkungan gunung api tua dengan tipe erupsi eksplosif, kecuali ...
a. stratovolcano
b. plato lava
c. kaldera
d. danau vulkanik
e. endapan tephra

Kunci
Yang bukan adalah plato lava karena biasanya berasal dari erupsi tipe efusif basaltik. Dataran tinggi lava adalah area tanah yang luas, datar, dan tinggi yang terbentuk ketika lava dari letusan gunung berapi menyebar dan mengeras. Dataran tinggi lava terbuat dari banyak lapisan lava basaltik yang didinginkan dan dapat memiliki ketinggian yang sangat tinggi. Gambar di bawah.

39. Diperkirakan 18% dari 1,5 juta pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri melakukan circular migration. Faktor utama yang bersifat non ekonomi yang menyebabkan fenomena ini terjadi adalah ...
a. perbedaan upah antar negara
b. kesempatan meningkatkan pendapatan yang lebih terbuka
c. perbedaan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing
d. rasa rindu terhadap sanak saudara di kampung halaman
e. biaya hidup, relatif lebih rendah

Kunci
Migrasi sirkuler adalah fenomena migrasi di mana individu atau kelompok orang pindah dari satu tempat ke tempat lain secara berkala atau dengan pola yang berulang. Dalam migrasi sirkuler, orang-orang mungkin meninggalkan tempat asal mereka untuk sementara waktu, tetapi mereka memiliki niat untuk kembali ke tempat asal mereka setelah jangka waktu tertentu.

Karakteristik utama dari migrasi sirkuler adalah bahwa itu bukanlah migrasi permanen. Orang-orang yang terlibat dalam migrasi sirkuler mungkin melakukan perjalanan untuk bekerja sementara, mencari peluang pendidikan, atau untuk alasan lain, tetapi mereka berencana untuk kembali ke tempat asal mereka setelah periode tertentu.

40. Batubara adalah salah satu sumber daya mineral yang cukup melimpah di Indonesia dan menjadi sumber energi terbesar untuk pembangkit listrik. Batubara ini termasuk dalam jenis batuan yang tersusun atas ....
a. sedimen, lapisan terumbu karang yang mengalami preservasi
b. sedimen, tanaman dan materi organik yang terkubur di lingkungan rawa
c. sedimen, fraksi mineral berat yang terpisah dan batuan melalui proses pelapukan
d. metamorf, endapan bawah laut dan kaya akan materi organik yang mengalami tekanan tinggi akibat subduksi
e. metamorf, tanaman yang tertimbun pada material lempung dan terpanaskan melalui kontak dengan intrusi magma

Kunci
Batubara itu bahan galian organik dari hasil sedimen dan perubahan karena pengaruh tekanan dan suhu di dalam bumi pada lingkungan rawa. Makanya deposti batubara di Indonesia banyak terdapat di daerah cekungan gambut seperti Sumatera Timur dan Kalimantan Selatan.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close