Pembahasan Kunci Jawaban OSK Geografi 2024 No 21-30 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, April 21

Pembahasan Kunci Jawaban OSK Geografi 2024 No 21-30


Halo teman-teman, kita lanjut bahas kunci jawaban pembahasan soal OSNK Geografi tahun 2024. Pastikan untuk selalu pantengin blog ini dan share ke teman-teman lainnya.

21. Ekonomi sektor informal di negara berkembang masih menempati share yang relatif tinggi karena alasan-alasan berikut, kecuali ....
a. ekonomi sektor formal tidak berkembang cukup baik untuk menyerap semua ekonomi dari sektor informal
b. permintaan barang dan jasa sektor informal menjaga harga tetap rendah
c. pekerja dan bisnis sektor informal tidak mampu membiayai situs bisnis permanen
d. pemerintah mendapatkan keuntungan dari pajak pekerja sektor informal dan usaha kecil mereka
e. menyerap banyak tenaga kerja yang masih low skill

Kunci
Sektor informal ekonomi suatu negara merujuk pada kegiatan ekonomi yang tidak diatur oleh pemerintah dan sering kali tidak diperhitungkan dalam statistik resmi. Kegiatan ini sering dilakukan oleh individu atau kelompok kecil, dan seringkali dilakukan di luar kerangka hukum formal. Ini banyak muncul di negara berkembang karena menyerap tenaga kerja yang masih low skill. Contohnya pedagang kaki lima, usaha rental, jasa tertentu dan lainnya.

22. Gambar berikut merupakan bagian dari peta topografi suatu wilayah di Jawa Barat. Berdasarkan karakteristik simbol garis dan warna, maka dapat disimpulkan posisi ketinggian antara desa Ciangsana Satu terhadap desa Ciangsana Dua adalah ...

a. sama tinggi
b. lebih rendah
c. lebih tinggi
d. tidak bisa dibandingkan
e. dibutuhkan informasi titik ketinggian

Kunci
Ini kan peta kontur tapi tidak ada informasi titik ketinggiannya, Jadi E. Kalau warna peta lebih ke simbol kualitatif menurut saya, alias penggunaan lahan.

23. Pertumbuhan penduduk suatu negara tidak lepas dari fenomena pronatalis dan antinatalis. Salah satu contoh fenomena budaya yang bersifat pronatalis adalah ....
a. Program KB
b. pendidikan kependudukan
c. pernikahan usia dini
d. pendewasaan usia pernikahan pertama
e. peluang kerja yang terbuka untuk perempuan

Kunci
Pernikahan dini di beberapa komunitas adat menjadi salah satu faktor pro natalitas. Aturan adat dan nilai yang berlaku turun-temurun memaksa perempuan untuk menikah dini jika tidak maka bisa jadi terkena sanksi sosial atau dikucilkan.

24. Berikut ini merupakan faktor-faktor sosial yang memengaruhi perkembangan kawasan perkotaan, kecuali ....
a. ketersediaan sumber daya
b. ketersediaan layanan umum
c. kualitas hidup
d. daya tarik ekonomi
e. kebijakan pemerintah

Kunci
Ketersediaan sumeber daya bukan termasuk ke dalam faktor sosial tapi faktor fisik. 

25. Anomali curah hujan yang terjadi pada tahun 2023 lalu disebabkan oleh keberadaan anomali pemanasan air laut di Samudera Pasifik ekuatorial bagian tengah dan timur yang dikenal dengan fenomena ....
a. El Nino
b. La Nina
c. Dipole Mode
d. Monsoon
e. Pasific Decadal Oscillation

Kunci
Salah satu anomali utama El NiƱo adalah peningkatan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur-tengah. Peningkatan suhu ini bisa signifikan dan dapat menyebabkan perubahan besar dalam pola cuaca global.

26. Pada perencanaan penentuan lokasi Tempat Pemungutan Suara di masing-masing desa dalam pemilu, ditentukan berdasarkan kepada maksimum 300 orang pemilih bagi satu TPS. Berdasarkan kasus ini maka diperlukan peta. ....
a. Peta dasar topografi wilayah
b. Peta navigasi jalan raya
c. Peta foto udara wilayah
d. Peta sebaran kepadatan penduduk
e. Peta batas wilayah desa

Kunci
Untuk menentukan distribusi pemilih per TPS maka diperlukan peta sebaran kepadatan penduduk untuk menentukan kapasitas per TPS.

27. Diantara karakteristik berikut yang merupakan ciri suatu negara yang berpindah dari tahap 2 ke tahap 3 dalam model fenomena pada gambar adalah ...
a. harapan hidup yang lebih pendek
b. tingkat kelahiran meningkat
c. tingkat pendidikan tinggi
d. tingkat kematian menurun
e. tingkat kesejahteraan menurun

Kunci
Sesuai gambar fase 2 ke 3 mengindikasikan tingkat kematian menurun sehingga populasi akan semakin banyak.

28. Negara X dapat memproduksi peralatan elektronik rumah tangga (TV, kulkas, radio) dengan biaya 50% lebih rendah dari biaya yang diperlukan oleh negara Y untuk memproduksi barang yang sama. Negara Y dapat memproduksi mobil dengan biaya 70% lebih rendah dari biaya yang diperlukan oleh negara X untuk memproduksi mobil. Karenanya negara X memilih untuk fokus memproduksi peralaran elektronik rumah tangga kemudian berdagang dengan negara Y dan sebaliknya. Skenario ini mencerminkan ...
a. subtitusi produksi
b. toposida
c. foreign direct investement
d. footloose industry
e. keunggulan komparatif

Kunci
Keunggulan komparatif adalah konsep dalam ekonomi internasional yang menjelaskan manfaat dari perdagangan internasional antara dua negara, bahkan jika salah satu negara memiliki keunggulan absolut dalam semua bidang produksi. Dalam konteks keunggulan komparatif, sebuah negara lebih efisien dalam produksi suatu barang atau jasa jika biaya kesempatan yang mereka korbankan lebih rendah daripada negara lain untuk memproduksi barang atau jasa tersebut.

Keunggulan komparatif muncul ketika negara-negara memanfaatkan perbedaan relatif dalam biaya kesempatan (opportunity cost) dari memproduksi suatu barang atau jasa. Dalam perdagangan internasional, negara cenderung fokus pada produksi barang atau jasa di mana mereka memiliki keunggulan komparatif, dan kemudian mereka akan melakukan perdagangan dengan negara lain untuk barang atau jasa yang mereka tidak efisien produksinya.

29. Perubahan iklim bisa terjadi dalam kurun waktu yang panjang minimal pada data 30 tahun. Cara mudah untuk mengetahui adanya perubahan iklim dalam data statistik adalah dengan melihat indikator ...
a. rata-rata
b. jangkauan
c. modus
d. kuartil
e. rata-rata dan variasi

Kunci
IPCC, (2007) mendifinisikan perubahan iklim sebagai perubahan rata-rata dan atau variabilitas faktor-faktor yang berkaitan dengan iklim dan berlaku untuk satu periode yang panjang, umumnya puluhan tahun atau lebih. 

Perubahan iklim secara statistik didefinisikan sebagai perubahan kecenderungan baik naik atau turun dari unsur – unsur iklim yang disertai keragaman harian, musiman maupun siklus yang tetap berlaku untuk satu periode yang panjang. 

Perubahan iklim diukur berdasarkan perubahan komponen utama iklim, yaitu suhu atau temperatur, musim (hujan dan kemarau), kelembaban dan angin. Dari variabel-variabel tersebut variabel yang paling banyak dikemukakan adalah suhu dan curah hujan (BMKG, 2011).

30. SMART-Fish Indonesia adalah salah satu program dari PBB yang bertujuan untuk memperkuat rantai nilai ikan patin, rumput laut, dan tuna di sektor ekspor perikanan Indonesia. Program ini adalah salah satu upaya mewujudkan salah satu tujuan SDGs yaitu ..
a. 13, perubahan iklim
b. 1, tanpa kemiskinan
c. 15, ekosistem daratan
d. 7, energi bersih
e. 14, ekosistem laut

Kunci
Ini pernah saya bahas di tiktok saya, pastinya kalau berhubungan dengan laut ya Ekosistem Laut.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close