Pembahasan Kunci Jawaban OSK Geografi 2024 No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, April 13

Pembahasan Kunci Jawaban OSK Geografi 2024 No 1-5

Penasaran gak sih dengan kunci jawaban OSN Geografi level kota dan kabupaten tahun ini?. Yuk kita coba bahas di bawah.

Jika kalian ikuti tiktok dan blog saya pastinya proporsi soal tidak meleset jauh banget ya dari prediksi saya. 

Berhubung OSK nya sudah dilaksanakan dan ada teman yang kirim screen shootnya saat ngawas ujian, maka bisa mulai saya bahas kuncinya. Ingat kunci tidak 100% benar, silahkan koreksi sendiri dengan banyak cari bahan bacaan.

1. Kota Sawahlunto terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kawasan ini memiliki sejarah yang kaya dalam industri pertambangan batu bara yang saat ini sudah tidak beroperasi. Sebagai salah satu warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO, Sawahlunto memiliki potensi pariwisata. Namun Kota Sawahlunto masih menghadapi tantangan dalam pengembangan infrastruktur pariwisata, promosi dan pelestarian warisan budaya dan alamnya. Berdasarkan deskripsi, tahapan bridex yang sesuai adalah ...
a. exploration
b. involvement
c. development
d. consolidation
e. stagnation

Kunci
Nah ini kata materi siklus wisata Bulter yang udah pernah saya bahas di soal-soal tahun lalu selalu ada. Bridex itu bussiness, retention, expansion and development.  Kalau lihat bacaannya kan intinya kota Sawahlunto itu kan udah punya warisan sejarah dari penambangan batubara era kolonial namun belum tersentuh untuk dikembangkan jadi objek wisata andalah. Jadi belum sama sekali ada wisatawan yang tertarik untuk ke sana. Artinya pemerintah perlu mengeksplorasi terlebih dahulu nih apa-apa saja di Sawahlunto yang bisa memiliki nilai jual untuk wisata dan apa yang harus dikembangkan atraksi wisatanya. Jadi planning belum ada, maka tahap ekplorasi lebih masuk.

2. Berdasarkan peta berikut, bahasa yang paling mungkin digunakan di wilayah yang 60% atau lebih penduduknya berbahasa ibu selain bahasa Inggris adalah ...
a. Perancis dan Kreol Perancis
b. Spanyol dan Ash Amerika
c. Jerman dan Belanda
d. Russia dan Hindi
e. Cina dan Arab

Kunci
Nah jadi ini kan soal distribusi bahasa penduduk di Amerika Serikat. Jadi coba lihat peta di bawah ini aja ya.
Warna abu itu wilayah yang bahasa ibunya English dan ungu itu wilayah dengan bahasa ibunya Spanyol. Hijau itu bahasa native lokal America dan biru zona Perancis. 

Lebih dari seperempat wilayah di Amerika Serikat memiliki setidaknya satu dari 10 rumah tangga yang tidak menggunakan bahasa Inggris di rumah. Sejauh ini, bahasa Spanyol adalah bahasa yang paling umum digunakan selain bahasa Inggris di rumah, terutama di Pantai Barat, Barat Daya, koridor perkotaan Timur, dan kota-kota besar lainnya. Bahasa penduduk asli Amerika juga umum di Barat, begitu pula bahasa Prancis di sekitar New Orleans dan di beberapa wilayah di Timur Laut. Bahasa Jerman adalah bahasa umum di beberapa wilayah Midwestern dan Barat.

Jadi jawabannya bahasa Spanyol paling banyak digunakan selain English, mungkin karena dulu orang Spanyol adalah pendatang pertamakali ya.

3. Diantara negara-negara berikut yang memiliki potensi separatisme paling kecil oleh sebab kemajemukan bahasa dalam masyarakatnya adalah ....
a. Russia
b. Islandia
c. Kanada
d. Syprus
e. Spanyol

Kunci
Negara yang memiliki potensi separatisme paling kecil karena kemajemukan bahasa dalam masyarakatnya adalah b. Islandia. Islandia memiliki populasi yang relatif kecil dan mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Islandia sebagai bahasa utama. Selain itu, Islandia tidak memiliki sejarah separatisme yang signifikan dalam masyarakatnya. Meskipun terdapat beberapa kelompok minoritas, Islandia secara umum tidak memiliki konflik separatisme berbasis bahasa yang signifikan seperti yang mungkin terjadi di negara-negara lain yang tercantum.

Di Spanyol contohnya ada konflik Catalonia dengan Spanyol yang secara bahasa agak beda. Bahasa Katalan (Catalan) memiliki konsep yang mirip dengan bahasa Spanyol. Namun, bahasa Katala memiliki beberapa istilah yang tidak ada dalam bahasa Spanyol. Istilah-istilah ini justru ditemukan dalam bahasa Roman lainnya, seperti bahasa Prancis.

4. Dari faktor berikut ini yang tidak menjadi sebab utama separatisme di Quebec adalah ...
a. bahasa
b. tingkat ekonomi
c. agama
d. ketimpangan ekonomi
e. akar kesejarahan

Kunci
Quebec itu salah satu negara bagaian di Kanada yang memang punya akar konflik budaya yang kuat sejak lama gaes. Faktor yang tidak menjadi sebab utama separatisme di Quebec adalah c. agama. Secara historis, konflik separatisme di Quebec lebih didorong oleh masalah bahasa dan identitas budaya, bukan agama. Meskipun agama memiliki peran dalam sejarah Quebec, terutama dalam hubungannya dengan identitas dan budaya Quebec yang berbeda dengan mayoritas Kanada berbahasa Inggris, namun faktor ini bukanlah penyebab utama separatisme di Quebec. Separatisme Quebec lebih didorong oleh faktor-faktor seperti bahasa, tingkat ekonomi, ketimpangan ekonomi, dan akar kesejarahan.

5. Gandum pada negara-negara-negara maju dibudidayakan secara ekstensif. Tantangan utama dalam pertanian ekstensif adalah ...
a. penggunaan air secara berlebihan dan tidak efisien
b. erosi tanah dan penurunan kualitas tanah
c. deforestasi dan pengurangan keanekaragaman hayati
d. peningkatan emisi gas rumah kaca
e. semua jawaban benar

Kunci
Ekstensifikasi adalah memperluas lahan untuk meningkatkan kapasitas produksi. Jadi gandum itu kan komoditas pokok yang memang laku di dunia. Tantangan dari pertanian ekstensif ini ada pada semua opsi jawaban.

a. Penggunaan air secara berlebihan dan tidak efisien: Pertanian ekstensif cenderung membutuhkan banyak air untuk irigasi dan pemeliharaan tanaman, dan penggunaan air yang berlebihan dan tidak efisien dapat menyebabkan penurunan ketersediaan air dan konflik air di beberapa wilayah.

b. Erosi tanah dan penurunan kualitas tanah: Penggunaan lahan secara ekstensif seringkali meningkatkan risiko erosi tanah dan penurunan kualitas tanah karena tanah tidak memiliki waktu yang cukup untuk pulih setelah panen dan tidak adanya rotasi tanaman yang efektif.

c. Deforestasi dan pengurangan keanekaragaman hayati: Pembukaan lahan baru untuk pertanian ekstensif seringkali menyebabkan deforestasi dan pengurangan habitat alami, yang dapat mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati dan merusak ekosistem yang sensitif.

d. Peningkatan emisi gas rumah kaca: Pertanian ekstensif, terutama praktik-praktik seperti pembakaran lahan dan penggunaan pupuk kimia, dapat menyebabkan peningkatan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO₂) dan nitrogen oksida (N₂O), yang berkontribusi pada perubahan iklim global.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close