Tips Menghadapi Ujian Nasional Bersama Quipper Video

- September 10, 2017
Tips Menghadapi Ujian Nasional Bersama Quipper Video - Halo sahabat blogger sekalian, bagaimana kabarnya hari ini?,
semoga sehat selalu dan tetap produktif. Ya, kali ini Mr. Agnas akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional alias UN.

Ujian Nasional merupakan suatu tahapan pendidikan yang wajib dilalui oleh seorang siswa-siswi Indonesia di jenjang sekolah menengah. Kak, saya takut menghadapi Ujian Nasional, bagaimana donk?. Tenang, satu hal yang kamu harus pahami, pda dasarnya yang namanya sekolah tentu harus ada ujiannya bukan?. Kalau kamu mempersiapkannya dengan baik pasti akan mendapatkan hasil yang baik pula. 

Bagi siswa yang takut ujian nasional, itu pastinya siswa yang tidak mau belajar, sekolah asal-asalan, sering bolos, pacaran ga jelas dan sering melakukan tindakan negatif lain. Ingat saya seorang guru, dan pengalaman saya siswa yang baik-baik maka nilai ujiannya selalu baik, kecuali golongan siswa yang ga waras tadi. Silahkan tinggal pilih saja kamu mau masuk golongan siswa yang mana?.

Oke, lanjut kali ini saya akan berikan beberapa tips menghadapi Ujian Nasional yang  sebentar lagi akan kamu lalui.
Tips Menghadapi Ujian Nasional Bersama Quipper Video
UN untuk dihadapi bukan ditakuti
1. Jaga kesehatan
Hal pertama tentu kamu harus menjaga kesehatanmu. Bagaimana bisa ujian kalau pas hari tersebut sakit. Jadi makanlah makanan bergizi, dan jauhi makanan yang akan merusak tubuh kamu. Ingat otak itu membutuhkan nutrisi terbaik agar bisa berfikir dengan maksimal. Tambahkan asupan ikan, sayur dan buah-buahan serta kurangi gorengan.

2. List pelajaran dari yang paling mudah ke yang susah
Saya yakin tidak semua siswa bersifat superior, pasti ada pelajaran yang paling ia kuasai dan sulit untuk dikuasai. Buatlah list pelajaran, materi atau bab dari yang termudah ke yang susah. Kamu nanti bisa membuat pemetaan persentase pemahaman materi setelah membuat list tersebut. Buat yang lengkap dari awal masuk sekolah hingga akhir. 

3. Latihan soal tahun sebelumnya
Pengalaman saya membuktikan bahwa soal-soal UN itu mirip-mirip dari tahun ke tahun. So, cari soal-soal UN dari tahun lalu dan pelajari lalu kerjakan bersama teman-temanmu.  

4. Minta belajar tambahan ke guru
Kalau sudah stuck alias mandek, tentu jalan terakhir adalah minta tambahan pengayaan ke guru. Gurumu pasti senang melihat semangat belajar mu. Jika ada guru yang menolak untuk belajar tambahan, itu pasti guru yang gak waras. 

5. Tinggalkan pacaran dan hal negatif lain
Lingkungan mempengaruhi 70% perilaku manusia menurut riset psikologi. Jadi jauhi kegiatan-kegiatan negatif yang akan merusak dirimu. Tinggalkan pacaran gak jelas, jauhi temna-teman yang tidak jelas, fokus lah pada belajar. Ingat nak, banyak teman-teman saya yang menyesal saat sekolah tidak belajar dengan baik. Jadi mendingan bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. 

6. Tonton film yang kaya pesan moral
Kamu bisa menonton film-film yang kayan akan pesan moral positif dan saya sarankan film luar negeri karena film lokal kebanyakan gaje. Kamu bisa tonton Car, Kungfu Panda atau lainnya. Saya liat banyak kata-kata pesan positif tentang kehidupan disana. Semakin sering kamu mendengar kata positif maka otak kamu juga akan menyerap energi positif dan percaya diri.

7. Berdoa
Yang terakhir jangan lupa berdoa pada Tuhan dan orang tuamu. Syariat pertama yaitu berusaha dan syariat kedua adalah tawakal alias berdoa. Seringlah sholat malam untuk berdiskusi dengan Tuhan.

Itulah beberapa tips menghadapi UN yang bisa membantumu meraih hasil terbaik. Satu lagi nih, bagi yang memerlukan bimbingan belajar berkualitas berbasis E-Learning kini telah hadir Quipper Video. Jadi kamu bisa mempersiapkan UN di rumah saja tanpa harus pergi ke bimbel dengan ahrga yang mahal. Dapatkan kode diskon 40% Quipper Video bagi yang mendaftar sebelum 21 Desember 2017. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik artikel berikut ini: Kode Diskon Quipper Video
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search