Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?

- October 09, 2017
Mungkin banyak para mahasiswa yang bertanya
"pekerjaan apa sih yang dilakukan oleh sarjana geografi?". Sebenarnya ada banyak pilihan karir potensial bagi para lulusan geografi. Geografi merupakan jurusan yang mengajarkan siswa keterampilan yang cukup dibutuhkan di pasar kerja saat ini. Kemampuan komputer, riset, analisa dibutuhkan seorang sarjana geografi. Meskipun tidak banyak pekerjaan yang bertitel 'geografer' namun ada banyak posisi yang sesuai dengan bidang geografi. 

Perencana Tata Kota
Geografi sangat erat dengan perencanaan wilayah terutama tata kota. Ahli tata kota bertugas membuat zonasi, penggunaan lahan, pengembangan, dari mulai renovasi salah satu bangunan seperti terminal, stasiun, bandara hingg merencanakan sebuah kota baru. Anda dapat bekerja dengan pemilik properti, pengembang dan pejabat lain. Jika kamu tertarik mendesain suatu daerah maka kamu bisa masuk jurusan tata kota atau perencanaan wilayah.

Kartografer
Bagi kamu yang hobi bikin peta maka kamu bisa menjadi seorang kartografer handal. Berbagai media penerbit buku, atlas, instansi pemerintah sampai BIG membutuhkan kemampuan peta. 

Spesialis SIG
Saat ini pemerintah daerah, badan pemerintah dan perusahaan swasta banyak membutuhkan profesional SIG/GIS. Kursus dan magang GIS sangat penting untuk mendapatkan lisensi. Kemampuan komputer dan teknik pemetaan digital yang handal banyak dibutuhkan saat ini.

Ahli Cuaca
Badan pemerintah seperti BMKG atau swasta lain kini semakin sibuk memberitakan kabar cuaca harian hingga tahunan. Bidang meteorologi dan klimatologi memang membutuhkan keahlian khusus dalam memahami gejala cuaca dan menganalisanya sebelum menjadi produk masyarakat. Kamu bisa masuk ke sekolah BMKG jika ingin berkarir disini.
Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?
Lapangan kerja bidang geografi cukup luas
Ahli Transportasi
Seperti halnya ahli tata kota, manajeman jaringan transportasi juga dibutuhkan dalam menunjang pelayanan masyarakat. Perkembangan kota yang cepat membuat seorang ahli manajemen transportasi dibutuhkan untuk mengatur skema tata ruang lalu lintas yang handal.

Manajemen Lingkungan
Berbagai masalah lingkungan kini melanda bumi karena peradaban manusia. Disinilah diperlukan seorang ahli penilaian lingkungan, pembersih, analis lingkungan yang handal. Berbagai perusahaan swasta berbasis lingkungan kini bermunculan dan mengharapkan bantuan skill para ahli lingkungan.

Peneliti/Penulis
Selama bertahun-tahun anda kuliah tentu banyak menghabiskan waktu untuk mengembangkan kemampuan menulis terutama riset. Pertimbangan karir sebagai penulis sains atau travel writer untuk majalah/koran bisa menjadi alternatif lulusan sarjana geografi.

Guru
Pengetahuan geografi di sekolah/kuliah tentu membutuhkan seorang guru/dosen yang handal menguasai materi geografi. Kamu bisa menjadi guru geografi terbaik atau terus menjadi profesor di bidang geografi untuk meningkatkan kemampuan geografi dan mentransfernya ke siswa. 

Surveyor
Kini banyak sekali lowongan surveyor perusahaan-perusahaan besar. Disini sarjana geografi atau geologi dibutuhkan untuk mencari tahun keterdapatan sebuah lokasi mineral atau penentuan lokasi tambang.

Vulkanolog
Mengingat Indonesia banyak dihuni gunung api maka tentu membutuhkan pengawasan oleh ahli terkait. Dalam hal ini seorang vulkanolog handal dibutuhkan untuk menjaga gunung-gunung api Indonesia.

Manajemen Bencana
Saat ini kerentanan bencana geologi semakin tinggi maka Badan Bencana Daerah Nasional kini mulai mencari bibit-bibit para petarung tangguh yang siap untuk mengelola mitigasi bencana di setiap lokasi.

Guide tourism
Potensi wisata yang semakin berkembang di setiap daerah membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Indonesia. Disinilah dibutuhkan seorang guide yang paham tentang seluk-beluk geografi lokasi geowisata. Anda bisa menjadi professional guide dan mendapatkan bayaran yang lumayan tentunya.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search