Klasifikasi Region Dalam Geografi

- November 11, 2017
Memahami region sangat penting dalam geografi karena kajian utama geografi adalah region-region di permukaan bumi beserta fenomena di dalamnya. Pembedaan suatu region dengan region lainnya dapat ditinjau dari beberapa hal sebagai ukurannya, fungsinya atau kasus lainnya. Menurut luasnya, suatu benua atau anak benua dapat ditetapkan sebagai region, juga area yang lebih sempit seperti desa dan kota dapat dikatakan sebagai sebagai suatu region. Kriteria untuk menentukan suatu region berdasarkan fugnsinya, dapat ditentukan oleh satu faktor dan dapat pula didasarkan faktor jamak. 

Penentuan suatu wilayah sebagai suatu region terutama berdasarkan kriteria adanya suatu kesatuan bentuk, kesaruan ruang dan kesatuan fungsi yang mencirikan homogentias sebagai hasil distribusi, interelasi dan interaksi unsur-unsur geografi di dalamnya.

Penentuan suatu areal sebagai suatu region berdasarkan faktor tunggal misalnya region atua kawasan industri, kawasan politik, kawasan bahasa, kawasan iklim dan lainnya. Melihat contoh tadi maka luas region dapat dikatakan bervariasi. Region industri relatif lebih sempit dibandingkan region bahasa atau region iklim. Kawasan Industri Karawang lebih sempit dibanding Kawasan Iklim Tropik di bumi.

Klasifiaksi kawasan atau wilayah seperti daerah perkotaan, daerah pedesaan, wilayah Indonesia bagian Barat, Indonesia bagian Tengah dan Indonesia bagian Timur kriterianya tidak hanya satu melainkan banyak. Perbedaan antara daerah perkotaan dengan pedesaan meliputi kondisi fisik, sosial dan budaya. Wilayah Indonesia barat, tengah dan timur meliputi keadaan geologi, vegetasi, fauna, kedalaman laut, iklim dan lainnya.
Klasifikasi Region Dalam Geografi
Kota Jogja pusat pendidikan dan budaya
Suatu region terhadap region lainnya sukar ditentukan batasnya karena ada bagian-bagian yang bertampalan namun kita masih dapat menemukan inti region atau pusat region tersebut. Suatu region berkembang pada ruang atas dasar faktor tertentu misal kesuburan tanah, lembah sungai, pertemuan atau persimpangan jalan, kegiatan ekonomi, politik dan lainnya. Dengan demikian inti region dapat kita tentukan. Kepadatan penduduk dan kegiatan budaya juga dapat merupakan salah satu ciri sebagai petunjuk inti dari sebuah region. Baca juga: Macam-macam proyeksi peta

Suatu region seperti telah dikemukan diatas merupakan satu kesatuan baik kesatuan ruan, fungsi  ddan bentuk. Suatu region merupakan suatu sistem keruangan yang menyatukan komponen fisik dan non fisik, komponen ekonomi dengan non ekonomi, komponen manusia dan non manusia dan lainnya. Hanya saja tentu pada suatu regioan ada komponen yang lebih dominan dari yang lainnya sehingga region tersebut terkenal karena faktor dominan tersebut. Contoh Kota Jogja terkenal dengan kota budaya dan pendidikan, namun apakah tidak ada kegiatan ekonomi seperti industri di sana?. Tentu ada namun faktor pendidikan dan budaya lebih dominan dibandingkan sektor industrinya.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search