Pengertian Politik Menurut Berbagai Ahli Terkenal

- November 29, 2017
Setiap hari pasti kamu akan mendengar kata "politik" terutama di televisi atau media sosial lainnya. Lalu apa itu sebenarnya politik dan mengapa orang begitu benci dengan politik?. Politik berasal dari bahasa Yunani "polis" yang berarti negara kota. Politik adalah kegiatan suatu sistem negara yang menyangkut proses menentukan tujuan dari sistem itu serta melaksanakan tujuan-tujuan itu. Definisi tadi dikemukakan oleh Prof. Miriam Budihardjo.

Adapun pengertian sistem politik dari berbagai ahli adalah sebagai berikut:
1. Ramhlah Surbakti
Tokoh ini memberikan lima hal pengertian politik sebagai berikut:
a. Politik merupakan usaha warga negara untuk membicarakan serta mewujudkan kebaikan bersama.
b. Politik adalah segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan pemerintahan.
c. Politik adalah segala hal yang diarahkan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat.
d. Politik sebagai suatu kegiatan yang berkaitan dengan perumusan pelaksanaan kebijakan umum.
e. Politik sebagai konflik dalam rangka mencari dan mempertahankan sumber-sumber yang dianggap penting.
Pengertian Politik Menurut Berbagai Ahli Terkenal
Politik adalah upaya mempengaruhi kebijakan negara

2. Austin Ramney
Di dalam bukunya "A Study of The General Election", tokoh ini memberikan pengertian politik sebagai proses pembuatan kebijakan pemerintahan atau public policy.

3. Harold D. Laswell
Dalam bukunya "On Political Sociology" ia mengemukakan definisi politik adalah menyangkut penentuan who get what, when dan how.

4. Robert A. Dahl
Dalam buku "On Political Equality" ia mengatakan bahwa sistem politik merupakan pola yang tetap dari hubungan antara manusia serta melibatkan sesuatu yang luas serta berarti tentang kekuasaan, aturan dan kewenangan.

5. Drs. Sukarna
Dalam buku "Sistem Politik Indonesia" ia mengatakan bahwa sistem politik adalah sekumpulan pendapat, prinsip dan lain-lain yang membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu  dengan negara serta hubungan negara dengan negara.

6. Rusdi Kartaprawira
Dalam buku "Sistem Politik Indonesia, Suatu Model Pengantar". Ia mengatakan bahwa sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungannya satu sama lain yang menunjukkan suatu proses tetap.

Berdasarkan beragam definisi diatas, sistem politik menyelenggarakan fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. Fungsi tersebut adalah membuat keputusan atau kebijaksanaan yang mengikat tentang alokasi dari nilai materil maupun non materil. Keputusan kebijakan ini diarahkan untuk tercapainya tujuan masyarakat. Dengan sistem politik maka tujuan masyarakat dirumuskan untuk dilaksanakan oleh keputusan-keputusan kebijaksanaan.

Dalam suatu sistem politik yang konkret terjadi adanya input dan output. Input adalah tuntutan dan aspirasi masyarakat serta dukungan dari masyarakat. Sementara output adalah keputusan serta kebijaksanaan pemerintah yang bersifat mengikat.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search