Kunci Jawaban dan Pembahasan UN Geografi 2017 No 1-5

- March 08, 2018
Assalamualaikum wr.wb, teman-teman
sahabat geografi sekalian, bagaimana kabarnya harin ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasi produktif berkarya. Kali ini saya akan berbagi tentang kunci jawaban berserta pembahasan soal UN Geografi 2017. Saya akan bahas no 1-5, dan insaallah nanti akan disusul pembahasan no selanjutnya di postingan lain. Sebenarnya saya sudah bahas di channel youtube namun barangkali ada yang senangnya baca blog, maka saya buatkan versi blog nya. Simak dan selamat belajar.
Kunci Jawaban UN Geografi 2017

1. Penduduk Jakarta banyak yang membutuhkan mesin pendingin ruangan, sehingga produsen mesin tersebut banyak menjual produknya di Jakarta. Konsep geografi yang ada pada fenomena tadi adalah ....
a. lokasi
b. aglomerasi
c. interaksi/interdependensi
d. diferensiasi area
e. keterkaitan keruangan

Jawabannya adalah c. Dalam paragraf tersebut ada hukum permintaan dan penawaran yang menhasilkan interaksi. Permintaan dari konsumen di Jakarta akan AC sehingga disambut oleh produsen untuk menjual produknya kepada penduduk Jakarta tersebut. Jadi terjadilah interaksi. Jawaban yang agak mungkin bisa diperdebatkan mungkin juga aglomerasi karena disana ada kata "banyak menjual produknya di Jakarta". Itu sudah menandakan gejala pemusatan suatu aktifitas ekonomi, dalam hal ini penjualan AC di Jakarta.

2. Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada waktu mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjadi kepadatan penduduk di kota. Prinsip geografi yang sesuai dengan fenomena tadi adalah ....
a. persebaran
b. interelasi
c. deskripsi
d. korologi
e. aglomerasi

Jawabannya adalah b. Karena ada keterkaitan antara mudik saat lebaran dengan kepadatan Jakarta yang bertambah. Jadi ini prinsip interelasi mudik dengan penambahan populasi kaum urban Jakarta.

3. Banjir menggenangi daerah hilir akibat alih fungsi lahan di daerah hulu menjadi permukiman dan aktifitas lainnya. Jika hujan dengan intensitas sedang dapat meningkatkan limpahan air sungai menyebabkan banjir di daerah hilir. Pendekatan geografi untuk menganalisis gejala tersebut adalah ....
a. pendekatan ekologi
b. pendekatan korologi
c. pendekatan keruangan
d. pendekatan kelingkungan
e. pendekatan kompleks wilayah

Jawabannya adalah e. karena ada kombinasi alih fungsi lahan dengan hujan intensitas sedang. Logika lainnya di pilihan jawaban ada ekologi dan kelingkungan, jadi jawabannya pasti bukan keduanya.

4. Fenomena geosfer:
1) urbanisasi semakin meningkat di perkotaan
2) curah hujan cenderung tidak menentu
3) gempa bumi menimbulkan korban penduduk
4) penduduk berwisata ke daerah pegunungan
5) erosi, denudasi dan longsor akibat penggundulan hutan

Aspek geografi fisik dari fenomena tersebut terdapat pada angka ....
a. 1), 2) dan 3)
b. 1), 2) dan 4)
c. 1), 4) dan 5)
d. 2), 3) dan 5)
e. 3), 4) dan 5

Jawabannya adalah d. Sudah jelas aspek fisik berkaitan gejala alam (alamiah) semuanya. Tidak ada campur tangan manusia di dalamnya.

5. Pernyataan:
1) penentuan awal Ramadan
2) mengamati gerakan air laut
3) mendeteksi perubahan permukaan laut
4) mengamati rasi bintang di malam hari
5) menikmati keindahan bunga sakura

Bukti aktifitas penduduk yang berkaitan dengan pergerakan revolusi Bumi terdapat pada angka ....
a. 1), 2) dan 4)
b. 1), 3) dan 5)
c. 1), 4) dan 5)
d. 2), 3) dan 4)
e. 3), 4) dan 5)

Jawabannya adalah c. Gerakan air laut dan perubahan permukaan air laut adalah gaya pasang yang setiap hari bisa diamati karena pengaruh gravitasi bulan.  
Bagi yang mau contoh pembahasan materi geografi lain via youtube, simak contoh pembahasan teori titik henti di bawah ini, jangan lupa subscribe dan like ya!. Pembahasan soal selanjutnya silahkan klik Kunci Jawaban soal 6-10

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search

close
Banner iklan disini
Banner iklan disini
Banner iklan disini