13 Negara Yang Berlokasi di Garis Ekuator

- May 17, 2018
Garis kahtulistiwa atau ekuator adalah garis tengah bumi yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan selatan. Meskipun garis ekuator atau khatulistiwa ini membentang 24.901 mil di seluruh dunia namun garis ini hanya melintasi wilayah 13 negara saja. Waduh 13, angka sial dong?. Lalu apa saja negara yang berlokasi di garis ekuator ini?.

Negara tersebut adalah Sao Tome and Principe, Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda, Kenya, Somalia, Maladewa, Indonesia, Kiribati, Ekuador, Kolombia dan Brasil. Maladewa dan Kiribati tidak menyentuh garis ekuator dari sisi daratan namun melewati perairan yang dikendalikan oleh dua negara tersebut. Tujuh negara berlokasi di Afrika, tiga di Amerika Latin dan tiga lainnya di Asia Tenggara. 

Dalam istilah geografi, khatulistwia adalah satu dari 5 notifikasi lingkaran lintang yang membantu kita memahami lokasi astronomis di Peta. Empat garis notifikasi lain adalah Lingkar Arktik, Lingkar Antartika, Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn. Dalam hal musim, ekuator dilewati matahari pada Maret dan September. Matahari muncul dan melintasi garis ini untuk melalukan perjalanan langsung ke utara dan selatan di atas khatulistiwa.
13 Negara Yang Berlokasi di Garis Ekuator
Negara di daerah tropis
Karena fenomena ini maka orang-orang yang hidup di sepanjang khatulistiwa mengalami matahari terbit dan terbenam tercepat saat matahari bergerak tegak lurus di atas garis ekuator, lama panjang hari relatif sama sepanjang waktu, siang hari berlangsung 14 menit lebih lama dibandingkan malam hari.

Dalam hal iklim, sebagian besar negara yang berlokasi di ekuator mengalami suhu lebih hangat sepanjang tahun dibandingkan wilayah lain di dunia dengan ketinggian yang sama. Ini karena tingkat penyinaran matahari di kahtulistiwa lebih intens dan sama sepanjang tahun. Meskipun begitu, ekuator menawarkan variasi iklim yang sangat beragam karena fitur geografis negara-negara yang ada di sana. Ada sedikit fluktuasi sepanjang tahun meski mungkin ada perbedaan dramatis dalam hal curah hujan, kelembaban dikarenakan pengaruh arus angin.

Tidak ada istilah empat musim spring, summer, autumn dan winter di ekuator karena hanya ada musim hujan dan kemarau. Lalu apakah ada salju di daerah ekuator?. Tentu ada, salju bisa terbentuk di daerah dengan ketinggian lebih dari 5000 meter seperti di Puncak Jaya Wijaya Indonesia. 

Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search

close
Banner iklan disini
Banner iklan disini
Banner iklan disini