Pengertian Kekebalan/Imunitas Aktif dan Pasif

- May 23, 2018
Kekebalan adalah nama yang diberikan
pada suatu set pertahanan tubuh untuk melindungi diri terhadap patogen dan memerangi infeksi. Kalau sakit ini, sistem imunitas tubuh kamu akan melawan cirus atau bakteri penyebab penyakit tersebut. Sistem kekebalan ini sangat rumit dan dibagi menjadi beberapa kategori salah satunya menjadi sistem kekebalan aktif dan sistem kekebalan pasif. Apa perbedaan diantara keduanya?.

Kekebalan Aktif
Kekebalan aktif berasal dari paparan patogen. Permukaan patogen bertindak sebagai antigen yang merupakan tempat pengikatan antibodi Antibodi adalah molekul protein berbentuk Y yang bisa ada pada mereka sendiri atau melekat pada mebran sel-sel khusus. Tubuh tidak menyimpan antibodi untuk melawan infeksi secepat mungkin. Proses yang disebut dengan seleksi klonal dan ekspansi membangun cadangan antibodi.

Contoh kekebalan aktif alami adalah melawang flu. Contoh kekebalan aktif buatan adalah melakukan imunisasi untuk membangun resistensi terhadap penyakit. Reaksi alergi adalah respon ekstrim terhadap antigen akibat dari kekebalan aktif.

Komponen Kekebalan Aktif
1. Kekebalan aktif membutuhkan paparan patogen atau antigen patogen. 
2. Paparan antigen mengarah pada produksi antobodi Antibodi pada dasarnya menandai sel dihancurkan oleh sel-sel darah khusus yang disebut limfosit.
3. Sel yang terlibat dalam kekebalan aktif adalah sel T, sel B dan sel antigen.
4. Ada penundaan antara paparan antigen dan kehadiran kekebalan. Paparan pertama mengarah pada apa yang disebut respon primer. Jika seseorang terkena patogen lagi nanti maka responnya jauh lebih cepat dari sebelumnya. Ini disebut juga respon sekunder.
5. Kekebalan aktif berlangsung lama bahkan seumur hidup.
6. Ada beberapa efek samping dari kekebalan aktif diantaranya alergi namun tidak begitu serius bagi tubuh.
Pengertian Kekebalan/Imunitas Aktif dan Pasif
Kekebalan aktif dna pasif pada tubuh

Kekebalan Pasif 
Kekebalan tubuh pasif tidak membutuhkan tubuh untuk membuat antibodi terhadap antigen. Antibodi diperkenalkan dari luar organisme. Contoh imunitas pasif alami adalah perlindungan bayi terhadap infeksi tertentu dengan mendapatkan antibodi melalui kolostrum atau ASI. Contoh kekebalan pasif buatan adalah mendapatkan suntikan antisera, contoh lainnya adalah suntikan anitvenom ular sesaat setelah gigitan.

Komponen Kekebalan Pasif
1. Kekebalan pasif diberikan diluar tubuh sehingga tidak memerlukan paparna infeksi atau antigennya.
2. Tidak ada penundaan untuk tindakan imunitas pasif. Respon terhadap agen infeksi cepat.
3. Kekebalan pasif tidak tahan lama biasanya aktif beberapa hari saja guys.
4. Kondisi yang dinamakan serum sickness dapat terjadi akibat paparan antisera.

Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search

Banner iklan disini
Banner iklan disini