Aplikasi Analisa Butir Soal Pilihan Ganda Excel - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Januari 12

Aplikasi Analisa Butir Soal Pilihan Ganda Excel

Salah satu tugas guru adalah mengoreksi dan satu lagi yaitu "menganalisa" jawaban ujian siswa. Model ujian yang umum digunakan tetu adalah format PG atau pilihan ganda. Untuk memudahkan mengoreksi dan menganalisa jawaban anak, pada kesempatan ini saya coba bagikan aplikasi analisa butir soal pilihan ganda di MS Excel. Ini juga saya dapat dari teman saya dulu di Banjarmasin saat masih ngajar di sana. Untuk filenya silahkan download disini.

Untuk menggunakannya mudah saja, yang penting di laptop sudah ada MS Office. Anda tinggal masukkan jawaban siswa saja, nanti akan terkalkulasi otomatis dari mulai nilai, ranking, persentase jawaban, tingkat kesulitan dll. Skala di format analisa ini adalah 0 -7. Jadi kalau nilai 70 ya angka yang muncul 7, sama aja kan sebenarnya. Berikut ini tutorial penggunaan aplikasi analisa butir soal dengan MS Excel.

Buka file Aplikasi Analisa Butir Soal, maka akan muncul layar berikut
Isi data mulai dari nama sekolah hingga guru mapel, setelah itu masuk ke INSERT DATA di bagian bawah dan isikan data jawaban siswa di sana.
Setelah semua terisi maka nantinya akan ada hasil otomatis mengenai nilai, ranking dan analisa soal lainnya
Add caption
Silahkan diutak-atik saja sendiri dan jika punya kesulitan, boleh bertanya di kolom komentar saja. Yang jelas aplikasi ini berguna untuk memudahkan menganalisa kemampuan siswa menjawab soal PG. Memang input jawabannya lumayan capek apalagi kalau siswanya banyak, tapi hasilnya kita tinggal lihat saja langsung.

Share with your friends

2 komentar

  1. KALAU BOLEH MINTA PASWORD UNPROTEC CELLNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. passwordnya dulu di admin TU sekolah saya dulu, lupa. sori.

      Hapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close