Sudah Mengenal Lusi? Gunung Api Lumpur di Sidoarjo - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, September 18

Sudah Mengenal Lusi? Gunung Api Lumpur di Sidoarjo

Kalian tentu sudah tahu bentuk gunung api yang bisa mengeluarkan lava bukan?. Tapi tahukah kamu bahwa ada yang namanya mud volcano atau gunung api lumpur?. 

Mud volcano merupakan sebuah formasi yang terbuat cairan dan gas yang dikeluarkan dari dalam permukaan bumi. Cairan panas bercampur lumpur dan partikel lain menyembur keluar dari dalam bumi. 

Gunung api lumpur yang berasosiasi dengan zona subduksi telah terindentifikasi sebanyak 700 unit. Suhu gunung api lumpur ini lebih rendah dibanding lava gunung api pada umumnya. 

Struktur gunung api lumpur terbesar berdiameter 10 km dan tingginya 700 m. Baca juga: Rumus hitung GMT

Hampir 86% gas dimuntahkan mud volcano adalah metana, dengan karbon dioksida dan nitrogen dengna kadar lebih rendah. 

Material yang keluar seringkali berupa bubur padatan halus yang tersuspensi dalam cairan termasuk air yang bersifat asam, asin dan fluida hidrokarbon. Baca juga: Faktor perbedaan cuaca iklim tempat

Sekitar 1.100 gunung api lumpur telah teridentifikasi di daratan dan di perairan dangkal. Diperkirakan lebih dari 10.000 mud volcano ada di lereng benua dan dataran abisal. 

Di Indonesia, letusan gunung api lumpur raksasa terjadi di Sidoarjo dikarenakan oleh aktifitas pengeboran minyak dan gas bumi. 
Sudah Mengenal Lusi? Gunung Api Lumpur di Sidoarjo
Gunung Lumpur Lusi di Sidoarjo
Gunung api lumpur ini dinamakan Lusi oleh para pakar geologi. Lusi meletus pada bulan Mei 2006 dan terus memuntahkan lumpur mendidih dan menggusur 30.000 penduduk disana. 

Namun perusahaan Lapindo Brantas membantah erupsi gunung api lumpur disebabkan pengeboran dan menyebut gempa di Jogja sebagai pemicu muntahnya lumpur Lusi. 

Lusi adalah gunung api lumpur terbesar dan berkembang paling besar di dunia. Menurut ahli geologi, Lusi bisa memuntahkan lumpur panas 26 tahun ke depan lagi. 

Ilmuwan Universitas Dunham menjelaskan bahwa Lusi bisa memuntahkan lumpur dan mengisi setara 56.000 kolam renang Olimpiade.  

Baca juga:  
Cara hitung contur interval peta topografi
Inilah alasan ilmiah negara di iklim subtropis pada maju 
Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close