4 Cara Penempatan Posisi Iklan Adsense High CTR

- March 15, 2018

Baca Juga

Halo teman-teman sekalian, apa kabarnya hari ini?. Semoga baik-baik saja, sehat selalu dan senantiasa produktif. Oke kali saya coba ulas sedikit mengenai tips cara penempatan posisi iklan adsense di blog supaya dapat klik banyak dan meningkatkan CTR blog kamu. Sudah tidak asing lagi bahwa CTR atau Click Through Rate adalah salah satu syarat sukses tidaknya kamu dalam berbisnis blog adsense. Semakin banyak klik di blog kamu maka peluang kamu mendapatkan dollar semakin besar. Batas CTR blog adsense tidak ada hukum pastinya, yang jelas minimal 1% sampai mungkin 5% aja sudah bagus.

Lalu pertanyaan adalah dimana posisi penempatan iklan adsense yang paling banyak di klik visitor?. Nah, saya sudah baca berbagai referensi dan pengalaman juga membuktikan bahwa yang paling utama, posisi iklan adsense paling banyak di klik adalah di dalam artikel. Yups, di dalam artikel, catat ya!. Lalu di dalam artikel itu sebelah mana dan apa logikanya?. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Posisi Iklan di Bawah Judul Postingan
Nah, posisi favorit dan terbaik untuk iklan adsense saat ini adalah di bawah judul postingan. Mengapa?. Logikanya adalah, saat orang pertama kali membuka blog kamu maka jelas judul postingan akan tampil terlebih dahulu. Saat melihat judul postingan maka selanjutnya visitor akan langsung turun ke bagian dalam artikel. Maka otomatis ia akan scroll bukan?. Nah pada saat scroll pertama inilah peluang klik iklan terjadi. Ingat mayoritas visitor sekarang adalah pengguna mobile. Jadi jangan lupa gunakan template yang responsive dan fast loading. Jadi point pertama adalah taruh iklan adsense di bawah postingan. Kalau saya memasang dua buah di bawah judul postingan, satu text dan satunya link. 
Posisi Iklan Adsense Paling Banyak Di Klik
Posisi iklan adsense di blog

2. Posisi Iklan di Tengah Postingan
Yang kedua, iklan paling berpeluang diklik adalah di tengah artikel. Kenapa?. Karena visitor tentu akan mencoba membaca semua artikel kamu bukan?. Setelah scroll pertama tadi, jika scroll pertama tidak terjadi klik maka peluang selanjutnya ada di scroll kedua, ketiga dan selanjutnya. Nah iklan di tengah artikel inilah yang berpeluang ter klik. Jadi pasang iklan di tengah, boleh satu atau dua tergantung kerapatan artikel sobat.
3. Posisi Iklan di Akhir Postingan
Kemudian pasang iklan di akhir postingan. Logikanya adalah, jika visitor sudah membaca isi artikel secara keseluruhan maka ia bisa saja akan penasaran lalu melihat iklan. Jika ia membutuhkan info tambahan terkait materi yang tidak ada di artikel sobat maka ia akan langsung memilih ke iklan. Makanya buat artikel yang memiliki topik atau "niche" yang spesifik agar iklan relevan dengan artikel. Ini ngaruh loh gan?. Jadi salah satu tantangan utama blogger adalah menulis artikel yang spesifik dan nantinya akan menghasilkan iklan yang spesifik dan sangat relevan dengan artikelnya. Dengan begitu logikanya adalah jika visitor gak nemukan info di artikel maka ia akan lanjut ke iklan. Ok paham ya!.
4. Iklan di Sidebar
Nah, posisi lainnya juga yang bisa meningkatkan klik adalah di header gan. Kalau kamu pasang iklan di header maka saat tampil di mobile akan langsung kelihatan tuh diatas judul artikelnya. Ini memicu peluang untuk lahirnya klik iklan adsense juga.

Gimana, sudah paham atau masih bingung?. Coba praktikan aja ya karena pengalaman setiap blogger beda-beda. Untuk cari cara pasang kode iklan adsensenya, silahkan googling aja pasti banyak.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search