Perbedaan Erosi Ablasi, Deflasi, Korosi, Abrasi, Eksarasi

- April 26, 2018
Erosi adalah fenomena adanya pengangkutan suatu zat dari tempat ke tempat lainnya.
Tenaga pembentuk erosi ini bisa oleh angin, air, es dan gravitasi. Erosi pada dasarnya termasuk tenaga eksogen dan membuat kenampakan fisik bumi semakin bervariasi satu tempat ke tempat lainnya. Kali ini gurugeografi akan coba memberikan penjelasan tentang perbedaan antara ablasi, deflasi, korosi, abrasi dan eksarasi. Wah ada banyak juga ya istilah mengenai erosi itu, kala tertukar bisa salah. 

Ablasi
Pengertian ablasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga air yang mengikis tanah, batuan atau material diatasnya. Contoh ablasi adalah erosi di sungai yang membentuk aliran, meander, tebing sungai atau oxbow lake. Ablasi juga banyak membentuk parit-parit di permukaan tanah. Ablasi banyak dengan mudah dijumpai di sekitar kita saat terjadi hujan dan aliran air mengikis tanah di kebun atau lapangan misalnya.
Deflasi
Pengertian deflasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga angin yang menerbangkan butiran-butiran pasir atau debu kemudian mengendap di suatu tempat. Contoh dari deflasi adalah gumuk pasir di Parangtritis Yogyakarta.
Perbedaan Erosi Ablasi, Deflasi, Korosi, Abrasi, Eksarasi
Batu jamur disebabkan oleh korosi

Korosi
Pengertian korosi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga angin dan setelah itu menabrak tebing atau batuan disekitarnya menghasilkan suatu bentukan. Contoh fenomena hasil korosi adalah batu jamur dan butte, messa.
Abrasi
Pengertian abrasi adalah erosi yang disebabkan oleh gelombang air laut yang mengikis bibir pantai. Abrasi dapat diminimalisir dengan menanam pohon mangrove di pantai.
Eksarasi
Pengertian eksarasi adalah erosi yang disebabkan oleh aliran es yang mencair sehingga menghancurkan material yang dilewatinya. Eksarasi banyak terjadi di daerah pegunungan salju seperti Alpen dan di Pucnak Jaya Wijaya. Contoh fenomena hasil eksarasi adalah moraine.

Itulah jenis-jenis erosi yang harus dipahami oleh kalian. Jangan lupa subscribe channel gurugeografi di youtube dan like blog ini ya!. Materi ini kemarin muncul di SBMPTN lho, makanya kamu harus banyak membacanya.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search