Ancaman Indonesia di Bidang Ipolesosbudhankam

- May 07, 2018

Baca Juga

Ancaman adalah sesuatu yang membahayakan sehingga harus diantisipasi sedini mungkin. Bangsa Indonesia yang sudah berdiri selama lebih dari 70 tahun saat ini tengah dihantui berbagai ancaman di bidang ipolesosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan keamanan). Apa saja ancaman tersebut?. 
Ancaman Indonesia di Bidang Ipolesosbudhankam
Demo anarki bukti masyarakat sudah stress
1. Bidang Ideologi
Saat ini kondisi masyarakat semakin panas dan berbagai paham radikal mulai menyerang Pancasila. Upaya-upaya dilakukan segelintir orang atau kelompok untuk mengubah dasar negara Pancasila sehingga ini mengancam keutuhan bangsa. Masyarakat yang terpengaruh paham radikal mulai menyusun kekuatan untuk menumbangkan Pancasila yang sudah menjadi konsensus para founding father Indonesia.

2. Bidang Politik
Situasi politik yang memanas membuat Indonesia kini terancam perpecahan. Partai politik saling sikut, meraih simpati, menghalalkan segala cara demi jagoan mereka di pilkada atau pilpres. Berbagai ancaman aktual yang mungkin terjadi adalah adanya pertikaian antara kelompok masyarakat karena berbeda pandangan politik. Media massa juga seolah menjadi alat perang politik sehingga masyarakat juga terpengaruh oleh hasutan media.

3. Bidang Ekonomi
Di era globalisasi ini tuntutan kebutuhan hidup makin tinggi namun kondisi kesejahteraan masyarakat masih jauh di bawah rata-rata. Hal ini menjadi ancaman nyata bagi Indonesia karena tidak bisa mewujudkan amanah sila kelima Pancasila. Jika ini dibiarkan maka angka kemiskinan akan semakin besar dan kemiskinan adalah pangkal mula semua bentuk kejahatan.

4. Bidang Sosial Budaya
Budaya-budaya lokal kini semakin luntur oleh arus globalisasi dan westernisasi. Sifat-sifat luhur masyarakat Indonesia mulai hilang dan berganti dengan sifat brutal, anarki dan liberal. Saat ini kita lebih sering mudah terprovokasi dan mudah digiring opini yang belum tentu benar. Siswa sekolah kini sering banyak tawuran, selesai ujian lalu coret-coret dan melakukan kebrutalan. Ini adalah ancaman serius bagi generasi muda Indonesia.

5. Bidang Keamanan
Di bidang pertahanan keamanan, saat ini masih banyak kelompok separatis yang menyerang kedaulatan Indonesia. Mereka masih ingin memisahkan diri dari Indonesia. Selain itu konflik batas wilayah dengan negara tetangga juga sering memanas dan memicu ketegangan politik. Jika tidak diselesaikan maka ini mengancam keutuhan NKRI di masa depan.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search