Jumlah Pohon di Bumi Ada 3 Trilyun, Benarkah?

- May 22, 2018

Baca Juga

Pohon adalah salah satu komponen penting dalam kehidupan di planet Bumi kita. Bayangkan jika gak ada pohon, memang akan ada oksogen?. Tentu tidak. Tapi apakah kamu pernah berfikir untuk menghitung jumlah pohon yang ada di dunia?. Gila aja, masa sampai segitunya sih?. Namun anda jangan salah, para peneliti dari Yale University AS telah membuat suat kajian penelitian tentang estimasi jumlah pohon yang ada di dunia dan hasilnya mengejutkan.

Menurut Yale University hingga kini setidaknya ada 3 trilyun pohon di dunia ini. WOo!!!. Data tersebut menunjukan 7,5 kali lebih banyak dari perkiraan sebelumnya dan setiap orang di dunia secara kasar diapit oleh 422 pohon selama hidupnya. Cukup bagus bukan?.

Bagaimana orang-orang bisa tahu jumlah pohon sampai 3 trilyun?. Apa mereka hitung satu per satu?. sebuah tim internasional menggunakan satelit dan teknologi superkomputer untuk memetakan populasi pohon di dunia dan anda bisa mendapatkan hasilnya di jurnal Nature. Studi ini terinspirasi dari organisasi global bernama "Plant for the Planet" yang mengkampanyekan penanaman pohon di seluruh dunia untuk mengurangi efek perubahan iklim. Mereka meminta peneliti Yale University untuk memprakirakan total populasi pohon di dunia.
Jumlah Pohon di Bumi Ada 3 Trilyun, Benarkah?
Pohon adalah sahabat manusia
Akan tetapi angka tadi hanyalah perkiraan kasar karena menggunakan metode citra satelit dan perkiraan luas hutan namun tidak menggunakan data lapangan alias observasi. Para peneliti juga memastikan bahwa kawasan hutan terbesar di dunia ada di daerah tropis yaitu sekitar 43% pohon di dunia dapat ditemukan di tempat ini. Lokasi dengan kepadatan tumbuhan terbesar ada di wilayah Arktik Rusia, Skandinavia dan Amerika Utara.

Para peneliti ini berharap dengan adanya data inventarisasi pohon akan menghasilkan informasi penting tentang peran penting pohon dalam menyangga kehidupan dan keanekaragaman hayati dan penyimpan karbon. Studi mencatat juga bahwa kerapatan pohon dan keragaman spesies menurun drastis karena jumlah manusia di planet meningkat. Faktor alam seperti kekeringan banjir, deforestasi dan insektisida juga memegang peranan penting dalam menurunya jumlah populasi pohon di dunia. Jadi apakah kamu tertarik mendata jumlah pohon yang ada di lingkungan sekitarmu?.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search