Jenis Keterampilan Dasar Geografi Siswa

- August 09, 2018
Mempelajari geografi tentu akan banyak membahas tentang berbagai macam fenomena geosfer. Dalam kurikulum 2013 ini siswa dituntut untuk menjadi seorang pembelajar kreatif, aktif dan inovatif sesuai dengan tuntutan skill abad ke 21. Lalu apa saja keterampilan dasar geografi yang harus dikuasai siswa?.
Jenis Keterampilan Dasar Geografi Siswa
Gempa Lombok berkekuatan 7 skala richter
1. Observasi
Observasi merupakan kemampuan utama dalam memahami konsep geografi. Dengan panca indera kita akan melihat berbagai macam fenomena di geosfer. Perkembangan geografi pun dimulai dari adanya pengamatan dan dilanjutkan dengan penjelajahan ke penjuru bumi. Berbagai fenomena yang manusia lihat lalu direkam, dicatat dan dipelajari menjadi sebuah teori dan bahan pembuat kebijakan pembangunan.

2. Deskripsi
Kemampuan deskripsi adalah kemampuan menjelaskan gejala geosfer yang terdapat di permukaan bumi secara detail dan optimal sehingga orang lain bisa membaca dan menginterpetasikannya dengan baik. Di era digital ini sudah banyak aplikasi yang dapat memudahkan manusia melihat berbagai macam fenomena seperti aslinya mulai dari google earth, GIS, animasi dan lainnya.

3. Klasifikasi
Mengklasifikasi fenomena geosfer didasarkan atas syarat-syarat tertentu. Contoh klasifikasi jenis hujan, jenis tanah, bentuk gunung api, jenis migrasi dan lainnya. Klasifikasi ini memudahkan manusia dalam menggolongkan fenomena tersebut ke dalam satu tema umum yang sama.

4. Pemetaan
Seorang geograf sudah pasti wajib menguasai teknik dasar peta dan pemetaan. Semua fenomena geosfer bisa dipetakan mulai dari fenomena fisik hingga sosial. Kemampuan peta dan pemetaan adalah kombinasi antara kartografi dengan seni.

5. Analisa
Kemampuan analisa dalam geografi adalah kemampuan menganalisa hubungan interaksi dan interelasi antara gejala satu dengan gejala lain di permukaan bumi. Contohnya hubungan antara perilaku manusia dengan kemacetan di Jakarta

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search