Soal Ulangan Sejarah Kelas 12 Bab Orde Baru di Indonesia

- August 15, 2018

Baca Juga

Bagi yang memerlukan contoh soal ulangan sejarah kelas 12 bab Orde Baru di Indonesia, saya bagikan di bawah ini. Sebelumnya saya akan berikan rangkuman materinya. Jadi indikator ulangan sejarah yang digunakan kali ini adalah:
1. Menjelaskan kronologi lahirnya orde baru kaitannya dengan pembangunan
2. Menjelaskan dampak interaksi wilayah
3. Mengidentifikasi pusat pertumbuhan di Indonesia

Rangkuman Materi
Orde Baru adalah suatu periode pemerintahan yang dimulai sejak 20 Februari 1967. Saat itu Presiden Soekarno memindahkan kekuasaan pemerintahan kepada Soeharto. Ketidakstabilan politik dan Peristiwa G30 S/PKI membuat pemerintahan kacau. Soekarno dinilai tidak tegas dalam mengatasi peristiwa pemberontakan tersebut. Akhirnya Soekarno lengser dan digantikan oleh Jenderal Soeharto. Soeharto lalu berkuasa hingga Reformasi tahun 1998.

Di era Soeharto, pembangunan mulai gencar dilakukan di berbagai wilayah. Munculah pusat-pusat pertumbuhan wilayah Indonesia era Repelita. Wilayah Pembangunan A berpusat di Medan, Wilayah Pembangunan B berpusat di Jakarta, Wilayah Pembangunan C berpusat di Surabaya dan Wilayah Pembangunan D berpusat di Makassar. Pusat-pusat pertumbuhan tersebut diharapkan mampu memicu pertumbuhan bagi wilayah disekitarnya.

Pusat-pusat pertumbuhan ini membaut interaksi wilayah semakin kuat dan memunculkan pertumbuhan ekonomi di beberapa lokasi. Interaksi desa dan kota semakin pesat dengan dibangunya sarana dan prasarana seperti jalan dan jembatan. Menurut Harris Ullman, ada 3 faktor pembentuk interaksi wilayah yaitu wilayah saling melengkapi, adanya kesempatan intervensi dan adanya kemudahan transfer alam ruang. Interaksi desa dan kota menimbulkan dampak positif dan negatif bagi kedua lokasi tersebut.

Soal ulangan bisa didonwload pada link berikut ini.

1 komentar:

avatar

Terima kasih yang telah memberikan solusi kepada saya.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search