6 Trik Strategi Lolos Ujian SBMPTN 2019 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Oktober 27

6 Trik Strategi Lolos Ujian SBMPTN 2019

Halo teman-teman siswa/i di seluruh Indonesia, SBMPTN 2019 sebentar lagi bergulir lho. Menurut rilis Kemenristekdikti, SBMTPN akan dilaksanakan pada Maret 2019, jadi sebelum UN. 

Artinya kamu hanya punya persiapan sekitar 5 bulanan lagi lho!. Apakah kamu sudah siap?. Kalau belum segera siapkan diri belajar dengan niat yang tekun dan pantang menyerah. 

Saya akan coba untuk berikan tips dan trik memperbesar peluang kamu lolos SBMPTN 2019. Ingat ya keberhasilan itu sejalan dengan usaha dan tidak ada yang gratis dan hanya bermodal pasrah.

1. Niat Belajar Sungguh-Sungguh
Hal pertama agar kamu lolos SBMPTN adalah niat kan untuk belajar sungguh-sungguh dulu. Sudah menjadi rumus bahwa segala hal itu diawali dengan niat. Jika kita sudah niat ingin bercita-cita masuk PTN favorit maka nantinya kita akan belajar dengan sungguh-sungguh. Apalagi jika kamu ingin masuk jurusan yang favorit pasti saingannya banyak.

2. Atur Waktu Belajar
Langkah selanjutnya adalah mengatur waktu belajar. Ingat biasanya setiap manusia itu punya waktu belajar prime time masing-masing. Ada yang moodnya bagus di pagi, ada yang di siang, ada yang di sore dan mungkin ada yang di malam hari. 

Nah pastikan belajar maksimal di jam-jam mood terbaik kamu, dan itu pasti akan diserap otak lebih baik dibanding waktu yang non prime. Ini ilmiah ya, kalau jam prime time saya misalnya adalah subuh dari jam 5 sampai jam 9 pagian. Setelah itu ngantuk dan lemes.

Bagi yang masih banyak main, keluyuran gak jelas mendingan sudahi itu dan fokus untuk belajar. Ingat bahwa saingan kamu di seluruh Indonesia sudah bersiap-siap belajar dari sekarang, jika kamu gak belajar juga sudah pasti kamu akan kalah.

3. Latihan Soal-Soal
Coba kamu cari soal-soal ujian SBMPTN sebelumnya dan pelajari dengan seksama. Soal-soal ujian SBMPTN itu dari tahun ke tahun polanya tidak jauh beda makanya jika kamu sering atau akrab dengan soal maka kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya. 

Pelajari soal dari yang termudah kemudian naik ke level menengah sampai level sulit. Pastikan kamu menguasai dulu soal bertipe mudah, jika sudah beres baru lanjut ke level selanjutnya.
4. Membuat Komunitas Belajar 
Bagi yang kesulitan belajar sendiri, coba kamu buat komunitas kecil-kecilan bersama temanmu untuk berdiskusi. Cari teman yang akan membuat kamu pintar dan cerdas. Kamu bisa belajar saat weekend di rumah misalnya, atau di tempat lain yang suasananya enak untuk belajar.
5. Pilih Jurusan Yang Masih Sedikit Peminat
Nah jika kamu merasa saingan kamu di jurusan favorit banyak maka jurusan yang masih sepi peminat bisa jadi alternatif. Memang bisa jadi jurusan ini tidak kamu sukai tapi jika kamu ingin masuk PTN maka strategi ini bisa kamu lakukan. Biasanya nih kalau sudah masuk ke jurusan tersebut nanti juga akan terpaksa belajar. 

6. Doa
Nah yang terakhir setelah ikhtiar diatas adalah berdoa. Ikhtiar + Doa = Keberuntungan. Minta doa kepada orang tua, perbanyak sholat tahajud, dhuha dan baca Quran untuk mempertajam memori ingatan kamu.

Itulah 6 tips yang bisa membantu kamu untuk lolos ujian SBMPTN 2019. Bagi kalian yang masih belum memiliki pendamping belajar untuk menghadapi SBMPTN maka saatnya kamu gabung Quipper Video.

Quipper Video Intensif UN dan SBMPTN 2019 sudah siap menyambut para pejuang UN dan SBMPTN. Ada ribuan video pembelajaran yang bisa kamu pelajari di laptop dan androidmu. 

Jadi kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun kamu mau. Mumpung masih belum terlambat karena jadwal ujian sudah menanti. Ada 3 pilihan paket promo hingga tahun ajaran berakhir. Berikut rinciannya.
Paket Promo Pejuang SBMPTN Quipper Video
Di Quipper Video kamu akan mendapatkan beberapa manfaat yaitu:
1. Video belajar lengkap materi IPA+IPS
2. Bank soal lengkap dari UN, SBMPTN
3. Trik jawab soal cepat ala Quipper
4. Try Out Online
5. Intensif materi UN dan SBMPTN
6. dan banyak lagi

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close