Pengertian Istilah Black Country di Inggris Abad Pertengahan - Gurugeografi.id

Pengertian Istilah Black Country di Inggris Abad Pertengahan

- November 15, 2018

Baca Juga

Pernahkah kamu mendengar istilah "Black Country"?.
Apa maksud istilah itu dan dimana sih asal mulanya?. Jadi black country itu sebenarnya adalah sebuah istilah yang berkembang pada abad ke 19 pertengahan dimana dulu ada suatu daerah di Inggris yang banyak terdapat pabrik-pabrik peleburan logam yang banyak mengepulkan asap hitam. Catatan lainnya adalah di daerah ini kaya akan endapan batubara setebal 30 kaki. Nah jadi istilah black country ini ada kaitannya dengan pemaknaan sebuah wilayah. Kita lihat sejarah black country berikut ini.

Para petani tradisional mendefiniskan black county untuk wilayah yang memiliki tambang batu bara seperti Wes Bromwich, Oldbury, Blackheath, Cradley Heath, Old Hill, Bilston, Dudley, Tipton, Wednesfield dan Halesowen, Wednesbury dan Walsall, Stourbridge dan Smethwick.
Peta wilayah black country di Inggris
Sementara wilayah black country menurut Elihu Burrit seorang konsulat Amerika adalah kota Birmingham di tahun 1862. Penulis lainnya Charles Dickens dan William Shenstone merujuk pada intensitas pabrik manufaktur di daerah black country dan dampaknya pada laskap dan kondisi masyarakat.

Saat ini black country menurut pemerintah adalah 4 wilayah metropolitan yaitu Dudley, Sandwell, Walsall dan Wolverhampton. Istilah ini menjadi sarana promosi wilayah West Midlands hingga West Birmingham

Black Country memiliki banyak kaitan dengan bidang seni dan literasi. Penyair William Shenstone tinggal di Halesowen seperti penulis Francis Brett Young, yang merayakan industri hitam dan kota Birmingham di novelnya. Penyair Sir Henry Newbolt dilahirkan di Baldwin Street, Bradley. 

Lalu faktor apa sebenarnya yang melandasi munculnya istilah "black country" tersebut?. Menurut berbagai literasi istilah "black country region" ditujukan untuk daerah yang memiliki keterdapatan batubara. Sejarawan beranggapan bahwa nama pewilayahan itu ada sebelum revolusi industri. Pertambangan batubara memberikan bekas lubang hitam di permukaan bumi dan tanah-tanah disekitarnya menjadi hitam pekat pula. Jadi ada dua perbedaan pendapat mengenai asal mula istilah black country di Inggris, silahkan cari informasi sejarah di web luar negeri untuk membandingkannya. Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang