Pemanfaatan Zona Litoral, Neritik, Batial, Abisal Oleh Manusia - Gurugeografi.id
Loading...

Pemanfaatan Zona Litoral, Neritik, Batial, Abisal Oleh Manusia

- February 02, 2019
Loading...
Halo teman-teman sekalian kali ini
guru geografi akan coba berikan sedikit penjelasan terkait pemanfaatan zona laut menurut kedalamannya. Lautan itu kan luas ya guys dan setelah diteliti oleh pakar oseanografi maka terdapat setidaknya 4 zona lautan jika dilihat vertikal dari atas ke bawah yaitu litoral, neritik, batial dan abisal. Lalu apa perbedaan keempat zona tersebut dan bagaimana pemanfaatannya bagi kehidupan terutama manusia.

1. Zona Litoral
Zona litoral adalah wilayah laut yang dibatasi oleh pasang naik dan pasang surut. Artinya saat air laut surut  maka wilayah ini akan menjadi pantai sementara saat pasang akan tergenang air. Itulah mengapa zona ini disebut juga zona pasang surut. Pengaruh suhu dan panas matahari sangat kuat pada zona litoral sehingga di zona ini bisa ditemukan beberapa spesies seperti bintang laut, udang, kepiting hingga cacing. Pemanfaatan zona litoral diantaranya untuk ekosistem mangrove, tambak garam hingga wisata pantai karang.

2. Zona Neritik
Zona neritik adalah wilayah laut dengan kedalaman maksimal 200 m yang artinya sinar matahari masih bisa tembus hingga dasar laut. Kelimpahan sinar matahari ini membuat zona neritik kaya akan organisme mulai dari terumbu karang, lamun, ganggang dan lainnya. Pemanfaatan zona neritik diantaranya untuk tangkapan ikan, wisata terumbu karang, bididaya rumput laut dan kerang.
Pemanfaatan Zona Litoral, Neritik, Batial, Abisal Oleh Manusia
Zona lautan

3. Zona Batial
Zona batial adalah wilayah laut dengan kedalaman 200-1800 m dan cahaya matahari sudah mulai redup. Dengan kondisi ini kehidupan biota di sini tidak sebanyak di neritik. Contoh hewan yang hidup diantaranya Paus, Hiu, Lumba-Lumba dan Gurita. Pemanfaatan zona batial antara lain untuk penangkapan ikan skala besar dan latihan perang bawah laut.

4. Zona Abisal
Zona abisal adalah zona laut dalam dan sangat gelap dengan tekanan hidrostatik tinggi. Hanya hewan tertentu saja yang bisa hidup dan beradaptasi dengan lingkungan ini. Pemanfaatan zona abisal antara lain untuk sumur bor minyak laut lepas.

5. Zona Hadal
Zona Hadal adalah zona terdalam dan hanya kegelapan abadi yang ada disana. Dasar laut ini terdiri atas sedimen halus. Disini tekanan hidrostatik sangat tinggi dan beberapa hewan bisa hidup antara lain ubur-ubur bercahaya dan cacing laut.

Contoh soal zonasi laut:
1. Faktor paling dominan yang memengaruhi lingkungan biotik laut yang jauh dari zona litoral adalah ...
a. kelembaban udara
b. salinitas
c. radiasi matahari
d. curah hujan
e. kecepatan angin

Kunci: C
Daerah litoral adalah daerah dangkal yang masih bisa ditembus matahari. Jauh dari zona litoral artinya sinar matahari tidak bisa tembus. Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close