Jawaban Soal PPG Geografi Analisis Sebaran Flora Fauna - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Mei 20

Jawaban Soal PPG Geografi Analisis Sebaran Flora Fauna

Halo teman-teman guru geografi se Indonesia, masih sibuk dengan tugas modul PPG nya?. Soal-soal PPG geografi sangat menantang bukan untuk ditaklukan?. 

Oke kali ini saya akan coba bagikan lagi contoh soal PPG beserta jawabannya. Subtopik yang menjadi soal adalah tentang dinamika biosfer yaitu sebaran flora dan fauna di Indonesia.

1. Simak dan cermati tentang kondisi geologi Indonesia berdasarkan contoh peta di bawah ini!
Peta geologi
Tugas: Buatlah diagram hubungan antar fenomena dari peta diatas dan bagaimana proses keterkaitannya dengan keragaman flora dan fauna di Indonesia?

Pembahasan:
Indonesia terletak diantara 3 batas tepi lempeng aktif yaitu Eurasia, Indo Australia dan Pasifik. Interaksi ketiga lempeng ini membuat Indonesia menjadi sebuah busur kepulauan vulkanik terbesar di dunia. 

Sebelum menjadi negara kepulauan,dulu terdapat dua paparan besar yaitu Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Paparan Sunda meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan sementara Paparan Sahulu meliputi Papua dan Australia.

Sebelum jaman es mencair, hewan-hewan dari Asia bisa bermigrasi sampai ke Indonesia karena tidak ada hambatan perairan seperti saat ini. Kangguru di Australia bisa sampai ke Papua dan harimau, gajah bisa bermigrasi dari Asia ke Indonesia. 

Setelah es mencair di era pleistosen maka paparan besar kemudian menjadi laut sehingga hewan yang bermigrasi tidak dapat kembali lagi ke daerah asalnya.

Interaksi lempeng juga membuat kondisi geomorfologi Indonesia sangat kompleks mulai dari pegunungan, lembah, dataran tinggi, pantai, rawa dan lainnya. Hal ini berdampak pada sebaran hewan serta vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut. 

Ada beberapa jenis hutan yang berkembang di Indonesia yaitu hutan hujan, hutan musim, hutan sabana, hutan rawa dan hutan bakau. 

Indonesia kini dibagi menjadi 3 zona sebaran flora fauna yaitu Indonesia barat bertipe Asiatis, Indonesia tengah bertipe peralihan, dan Indonesia timur bertipe Australis. Contoh flora fauna khas Indonesia adalah:
1. Indonesia Barat
- Flora : Raflesia, Jati, Rotan
- Fauna, Badak, Gajah, Bekantan, Harimau
2. Indonesia Tengah
- Flora : Lontar, Cendana
- Fauna : Komodo, Anoa, Kuda
3. Indonesia Timur
- Flora : Sagu, Anggrek Hitam
- Fauna : Walaby, Kasuari, Cenderawasih

Share with your friends

1 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close